Pemasukan Pariwisata Perlu Dioptimalkan

Pengamat pariwisata, Aselina Endang Trihastuti berpendapat, Menteri Keuangan Agus Martowardojo perlu mengoptimalkan pemasukan negara dari sektor pariwisata. "Menkeu harus mulai mengoptimalkan pemasukan negara tidak hanya dari pajak tetapi juga dari komoditas dan sektor lain khususnya pariwisata," kata Aselina di Jakarta, Selasa (25/5)

Dikatakan, selama ini hampir seluruh penerimaan negara berasal dari pajak padahal sektor lain terutama pariwisata memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan.

Menurut Aselina, bila Menkeu mampu membangun kebijakan yang berpihak pada pengembangan sektor pariwisata di Tanah Air maka sektor tersebut akan mampu memberikan kontribusi yang besar pada spending pemerintah. "Devisa dari sektor pariwisata potensial menolong jumlah anggaran pemerintah," kata Aselina.

Oleh karena itu, ia mengimbau Menkeu Agus Martowardojo untuk tidak sekadar memantapkan kebijakan fiskal semata. Di luar itu, Agus Marto dituntut memberikan perhatian khusus pada sektor pariwisata Indonesia.

Aselina yang pernah menjabat sebagai Presdir PR Integrated Communications Consultant Natour Hotel Garuda Yogyakarta berpendapat selama ini sektor pariwisata cenderung dianaktirikan termasuk dari sisi alokasi anggaran dalam APBN. "Di samping itu, sampai saat ini belum dirumuskan cetak biru yang baku tentang sektor pariwisata," katanya seperti dikutip Antara.
Ia berpendapat, sudah saatnya sektor pariwisata Indonesia mendapatkan perlakuan yang baik khususnya dalam hal promosi yang terarah dengan target pasar yang jelas. "Kami harap Menkeu dapat menunjukkan keberpihakannya pada sektor pariwisata," katanya. (Pusformas)
www.budpar.go.id
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ILMU PARIWISATA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger