pariwisata international

ABSTRAK
Pariwisata adalah perjalanan untuk rekreasi , liburan atau bisnis tujuan. The World Tourism Organization (UNWTO) mendefinisikan wisatawan sebagai orang yang "melakukan perjalanan ke dan tinggal di tempat-tempat di luar lingkungan yang biasa mereka selama lebih dari dua puluh empat (24) jam dan tidak lebih dari satu tahun berturut-turut untuk liburan, bisnis dan tujuan lain yang tidak terkait dengan pelaksanaan sebuah pekerjaan yang dibayar dari dalam tempat yang dikunjungi.
Pariwisata pula lah sebagai agent of development bagi daerah / Negara yang mengembangkannya dan memberikan investasi maupun pengembangan yang sustainable atau berkelanjutan dalam hal memlihara pariwisata itu sendiri, yang dimaksud dengan pembangunan berkelanjutan berdasar pada The United Nations Environment Programme (UNEP) mengadopsi batasan sperti ini Sustainable development is improving the quality of human life while living withinthe carrying capacity of supporting ecosystems. If an activity is sustaible, for all practical purposes it can continue forever (WTO, 1995: 30). Dikatakan pembangunan yang berkelanjutan adalah usaha memperbaiki kualitas hidup manusia untuk jangka panjang dengan memanfaatkan daya dukung ekosistem yang ada, dan untuk pariwisata berkelanjutan diberikan definisi sebagai berikut which meet needs present tourist and host region while protecting and enhancing opportunity for the future. It is envisaged as leading to the government of all resources in such a way that economic, social and aesthetic needs can be fullfiled while maintaining cultural integrity, essential ecological diversity and life support system ( WTO, 1995: 30). Adapun yang dimaksud pariwisata berkelanjutan adalah mempertremukan kebutuhan wisatawan dan daerah tujuan wisata dalam usaha menyelamatkan dan memberi peluang untuk menjadi lebih menarik lagi di waktu yang akan datang (Yoeti 2008: 242).
Berdasar dari itu maka banyak negara yang mengembangkan pariwisata dan juga menggantungkan cukup besar ekonomi mereka pada sektor ini, melihat fenomena ini sangatlah menarik untuk dikaji seperti apa perkembangan pariwisata internasional atau dunia kini, karakteristik para wisatawan dan juga negara mana yang benar-benar mengembangkan pariwisata berbasis pada Generating Countries atau negara bangkitan atas wisatawan yang berkunjung ke Indonesia misal Australia, Singapura, Jepang, dan lain- lain
KATA PENGANTAR
Pariwisata kini telah berkembang secara global dan berubah menjadi sebuah industri yang menjanjikan namun biar bagaimanapun juga berisiko, paling tidak kini pariwisata telah berarti bagi perekonomian sebuah negara seperti juga dikatakan Robert Christie Mill dan Alastair M. Morrison (1984 : xvii) dalam buku berjudul The Tourism System : An Introduction Text mengatakan :
Tourism is a difficult phenomena to describe. We have trouble in thingking of tourism as asn industry. The idea of tourism industry would give some unity to the idea of tourism, and from an image and political viewpoint it sound attractive.
Yang mana juga dikatakan oleh yoeti dalam bukunya yang berjudul perencanaan dan pengembangan pariwisata (2008 : 10 ) mengatakan bahwa, batasan pariwisata sebagai suatu industri diberikan secara terbatas, hanya sekedar untuk menggambarkan apa sebenarnya pariwisata itu. Dengan demikian dapat memberikan pengertian yang lebih luas. Jadi sebenarnya, ide memberikan istilah industri pariwisata lebih banyak bertujuan memberikan daya tarik supaya pariwisata dapat dianggap sebagai sesuatu yang berarti bagi perekonmian suatu negara.
Atas dasar itu pulalah pariwisata dikembangkan secara internasional baik oleh negara berkembang maupun negara maju, kali ini akan dibahas tentang identifikasi negara yang mengembankan pariwisata dan juga karakteristik wisatawan outbund dari negara tersebut berdasar pada negara-negara yang paling tinggi melakukan outbund ke indonesia. Baik dari asia pasifik, amerika, eropa bahkan afrika yang diwakili oleh afrika selatan
Hal ini sangat menarik untuk dikaji dan diperdalami karena tak bisa dipungkiri bahwa dalam hal menentukan pangsa pasar produk pariwisata yang akan dibuat nantinya haruslah kita memahami karakter wisatawan tersebut agar tidak salah dalam memberikan pelayanan yang diinginkan dan juga usaha kita bisa sustainable bukan hanya secara sosial atau pun dampak lingkungannya namun juga keberlangsungan produk atau usaha itu dari segi ekonomi ataupun incomenya
DAFTAR ISI
ABSTRAK 1
KATA PENGANTAR 2
DAFTAR ISI 3
BAB I PENDAHULUAN 4
Latar Belakang Munculnya Pariwisata Internasional 4
Perkembangan Pariwisata Dunia 7
BAB II PARIWISATA DAN WISATAWAN INTERNASIONAL 12
Pengertian Pariwisata Internasional 12
Pengertian wisatawan Mancanegara/Internasional 13
BAB III PENGERTIAN KARAKTERISTIK WISATAWAN 16
Pembagian Karakteristik Wisatawan 16
BAB IV IDENTIFIKASI PARIWISATA DAN WISATAWAN ASIA PASIFIK 19
Identifikasi Potensi Wisata Asia Pasifik 19
Karakteristik Wisatawan Asia Pasifik 22
BAB V IDENTIFIKASI PARIWISATA DAN WISATAWAN EROPA 22
Identifikasi Potensi Wisata eropa 22
Karakteristik Wisatawan Eropa 22
BAB VI IDENTIFIKASI PARIWISATA DAN WISATAWAN AMERIKA 22
Identifikasi Potensi Wisata Amerika 22
Karakteristik Wisatawan Amerika 22
BAB VII IDENTIFIKASI PARIWISATA DAN WISATAWAN AFRIKA 22
Identifikasi Potensi Wisata Afrika 22
Karakteristik Wisatawan Afrika 22
BAB VIII KESIMPULAN 23
DAFTAR PUSTAKA 23
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang Munculnya Pariwisata Internasional
Perkembangan pariwisata dunia secara umum dibagi menjadi 3 tahap yaitu ; Jaman pra sejarah ( pre history), jaman sejarah dan jaman setelah sejarah ( post history )
1. Adanya perjalanan pertama kali dilakukan oleh bangsa – bangsa primitif dari satu tempat ke tempat lain dengan tujuan untuk kelangsunga hidup.
2. Tahun 400 sebelum masehi mulai dianggap modern karena sudah mulai ada muhibah oleh bangsa Sumeria dimana saat itu juga mulai ditemukan huruf, roda, dan fungsi uang dalam perdangangan.
3. Muhibah wisata pertama kali dilakukan oleh bangsa Phoenesia dan Polynesia untuk tujuan perdanganan.
4. Kemudian Muhibah wisata untuk bersenang – senang pertama kali dilakukan oleh Bangsa Romawi pada abad I sampai abad V umumnya tujuan mereka bukan untuk kegiatan rekreasi seperti pengertian wisata dewasa ini, tetapi kegiatan mereka lebih ditujukan untuk menambah pengetahuan cara hidup, sistem politik, dan ekonomi.
5. Tahun 1760 – 1850 terjadinya revolusi industri mengakibatkan perubahan dalam kehidupan masyarakat antara lain :
6. Dalam struktur masyarakat dan ekonomi Eropa terjadi pertambahan penduduk, urbanisasi, timbulnya usaha – usaha yang berkaitan dengan pariwisata di kota – kota industri, lapangan kerja meluas ke bidang industri, pergeseran penanaman modal dari sektor pertanian ke usaha perantara seperti Bank, termasuk perdangan Internasional,
Hal – hal inilah yang menciptakan pasar wisata:
• Meningkatnya tehnologi transportasi/sarana angkutan
• Munculnya Agen Perjalanan.
• Biro Perjalanan pertama kali di dunia adalah Thomas Cook & Son Ltd. Tahun 1840 (Inggris) & American Express Company Tahun 1841 (Amerika Serikat)
• Bangkitnya Industri Perhotelan.
• Perkembangan sistem transportasi juga mendorong munculnya akomodasi hotel baik di stasiun – stasiun kereta api maupun di daerah tujuan wisata. Disamping akomodasi, banyak pula restoran dan bar atau sejenisnya seperti kedai kopi dan teh yang timbul akibat urbanisasi.
• Munculnya literatur – literatur mengenai usaha kepariwisataan, antara lain : “Guide du Hotels to france ‘ oleh Michelui ( 1900), “ Guide to Hotels “ oleh Automobile Association (1901)
• Berkembangnya daerah – daerah wisata di negara Mesir, Italia, Yunani, dan Amerika. Perjalanan tersebut diatur dan dikoordinasikan oleh Thomas Cook & Son Ltd. Pada sekitar permulaan abad ke 19 yaitu tahun 1861.
Pariwisata dalam Dunia Modern
Yang dimaksud dengan dunia modern adalah sesudah tahun 1919. Hal ini ditandai dengan pemakaian angkutan mobil untuk kepentingan perjalanan pribadi sesudah perang dunia I (1914 – 1918). Perang Dunia ini memberi pengalaman kepada orang untuk mengenal negara lain sehingga membangkitkan minat berwisata ke negara – negara lain. Sehingga dengan adanya kesempatan berwisata ke negara lain maka berkembang pula arti pariwisata Internasional sebagai salah satu alat untuk mencapai perdamaian dunia , dan berkembangnya penggunaan sarana angkutan dari penggunaan mobil pribadi ke penggunaan pesawat terbang berkecepatan suara. Pada thaun 1914 Perusahaan Kereta Api di Inggris mengalami keruntuhan dalam keuangan sehingga diambillah kebijaksanaan :
• kereta api yang bermesin uap diganti menjadi mesin diesel dan mesin bertenaga listrik .
• Pengurangan jalur kererta api yang kurang menguntungkan
• Pada masa ini pula timbul sarana angkutan bertehnologi tinggi seperti mobil, pesawat sebagai sarana transportasi wisata yang lebih nyaman dan dan lebih cepat
Perkembangan Sarana Angkutan di Abad XX. Pada abad ini perkembangan pariwisata banyak dipengaruhi oleh perkembangan saran angkutan :
1. Motorisasi yaitu sarana angkutan yang berkekuatan motor tenaga listrik sebagai pengganti mesin bertenaga uap. Akibat dari motorisasi ini adalah : galaknya wisata domestik, tumbuhnya penginapan – penginapan di sepanjang jalan raya, munculnya pengusaha – pengusaha bus wisata ( coach) tahun 1920, dan munculnya undang – undang lalu – lintas di Inggris tahu 1924 – 1930.
2. Pesawat udara, Sebelum perang dunia II pesawat udara dipakai hanya untuk kepentingan komersial seperti pengangkutan surat – surat pos, paket- paket, dan lain – lain tetapi sejak tahun 1963 mulai diperkenalkan paket perjalanan wisata dengan menggunkan pesawat terbang seperti pesawat supersonik dan concorde dimana poerjalanan dapat ditempuh dengan nyaman dan waktu yang relatif singkat.
3. Timbulnya Agen perjalanan, Agen perjalanan umum, dan Industri Akomodasi.Hal ini banyak disebabkan karena meningkatnya pendapatan per kapita penduduk terutama di negara – negara maju seperti : Eropa, Amerika, Jepang, dan negara lainnya, naiknya tingkat pendidikan masyarakat yang mempengaruhi rasa ingin tahu terhadap negara – negara luar.
Dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan teknologi informasi dan komunikasi begitu juga pengembangan transpotasi berpengaruh besar pada pengembangan pariwisata internasional dan juga menjadi latar belakang munculnya pariwisata internasional. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memudahkan seseorang menerima dan mengirim informasi apapun termasuk pariwisata keseluruh dunia dan juga menyebarluaskannya dan juga melakukan komunikasi antarnegaradengan mudah baik melalui media telepon, internet, faximile, dan lain-lain. Perkembangan tekonologi tranportasi membuat seseorang gampang bepergian dan nantinya mengunjungi objek-objek wisata yang ada di seluruh dunia.
Perkembangan Pariwisata Dunia
Pariwisata telah menjadi aktivitas rekreasi yang populer global. Pada tahun 2008, terdapat lebih dari 922 juta kunjungan wisatawan internasional, dengan pertumbuhan 1,9% dibandingkan dengan tahun 2007. Penerimaan pariwisata internasional tumbuh US $ 944 triliun ( euro 642 miliar) pada tahun 2008, sesuai dengan peningkatan secara riil sebesar 1,8%. Sebagai akibat dari resesi 2000-an , permintaan perjalanan internasional mengalami perlambatan yang kuat mulai tahun Juni 2008, dengan pertumbuhan kedatangan pariwisata internasional di seluruh dunia jatuh ke 2% selama bulan-bulan musim panas boreal. Kecenderungan negatif intensif selama tahun 2009, diperburuk di beberapa negara karena pecahnya virus influenza H1N1 , mengakibatkan penurunan seluruh dunia 4% pada tahun 2009-880000000 kedatangan wisatawan internasional, dan penurunan 6% diperkirakan dalam penerimaan pariwisata internasional.
Pada tahun 2008, terdapat lebih dari 922 juta kunjungan wisatawan internasional, dengan pertumbuhan 1,9% dibandingkan dengan tahun 2007. Pada tahun 2009, kedatangan wisatawan internasional turun menjadi 880 juta, mewakili penurunan di seluruh dunia 4% dibandingkan dengan tahun 2008. Wilayah yang paling terpengaruh adalah Eropa dengan penurunan 6%. Sementara data dari UNWTO adalah seperti berikut:
Dari 1950 to 2005, kedatangan wisatawan international meningkat dengan angka rata-rata tahunan ‎‎6.5%, meningkat dari 25 juta sampai 806 juta wisatawan.‎
Pemasukan dari jumlah kedatangan ini meningkat sangat signifikan, mencapai 11, 2 % di periode yang sama, perkembangan ekonomi dunia meningkat sampai sekitar ‎US$ 680 milliar pada 2005.‎
Sementara pada 1950 15 teratas daerah destinasi wisata menyerap 88% kedatangan wisatawan internasional, pada 1970 proporsi pembagian penyerapannya menjadi 75% yang berarti makin banyaknya destinasi wisata baru yang ada dan berkembang, kebanykan di Negara berkembang.
Organisasi Pariwisata Dunia melaporkan sepuluh negara berikut sebagai yang paling banyak dikunjungi 2006-2009 dengan jumlah wisatawan internasional. Bila dibandingkan dengan tahun 2006, Ukraina masuk daftar sepuluh besar, melebihi Rusia , Austria dan Meksiko , dan pada tahun 2008, melampaui Jerman . Pada tahun 2008, Amerika Serikat pengungsi Spanyol dari tempat kedua. Sebagian besar puncak mengunjungi negara-negara terus berada di benua Eropa , diikuti oleh semakin banyak Asia negara. penerimaan pariwisata internasional tumbuh menjadi US $ 944.000.000.000 ( € 642 miliar) pada tahun 2008, sesuai dengan peningkatan secara riil sebesar 1,8% dari tahun 2007. Ketika nilai ekspor penerimaan transportasi penumpang internasional dicatat, total penerimaan tahun 2008 mencapai rekor sebesar US $ 1,1 triliun, atau lebih dari US $ 3 miliar per hari.
Peringkat Negara
UNWTO
Daerah
Pasar
kedatangan wisatawan Internasional
(2009) kedatangan wisatawan Internasional
(2008) kedatangan wisatawan Internasional
(2007) kedatangan wisatawan Internasional
(2006)
1 Perancis
Eropa 74200000 79200000 80900000 77900000
2 Amerika Serikat
Amerika Utara 54,9 juta 57900000 56,0 juta 51,0 juta
3 Spanyol
Eropa 52,2 juta 57,2 juta 58700000 58,0 juta
4 Cina
Asia 50,9 juta 53,0 juta 54700000 49900000
5 Italia
Eropa 43200000 42,7 juta 43.7 juta 41,1 juta
6 United Kingdom
Eropa 28,0 juta 30,1 juta 30,9 juta 30,7 juta
7 Turki
Eropa 25,5 juta 25,0 juta 22,2 juta 18,9 juta
8 Jerman
Eropa 24,2 juta 24,9 juta 24,4 juta 23,6 juta
9 Malaysia
Asia 23,6 juta 22,1 juta 21,0 juta 17,5 juta
10 Meksiko
Amerika Utara 21,5 juta 22,6 juta 21,4 juta 21,4 juta
Sejarah unwto organisasi pariwisata dunia, Asal Organisasi Pariwisata Dunia batang kembali ke tahun 1925 ketika Kongres Internasional Resmi Wisatawan Asosiasi Lalu Lintas (ICOTT) dibentuk di Den Haag . Beberapa artikel dari volume awal Annals Pariwisata Penelitian, mengklaim bahwa UNWTO berasal dari International Union of Wisatawan Publisitas Resmi Organisasi (IUOTPO), meskipun menyatakan UNWTO bahwa ICOTT menjadi International Union of Official Wisatawan Propaganda Organisasi pertama pada tahun 1934.
Menyusul akhir Perang Dunia II dan dengan nomor perjalanan internasional meningkat, IUOTPO merestrukturisasi sendiri ke Uni Internasional Organisasi Perjalanan Dinas (IUOTO). Sebuah organisasi, teknis non-pemerintah, IUOTO itu terdiri dari gabungan organisasi nasional industri pariwisata, dan kelompok konsumen. Tujuan dan tujuan IUOTO adalah untuk tidak hanya mempromosikan pariwisata pada umumnya, tetapi juga untuk mengambil yang terbaik dari pariwisata sebagai komponen perdagangan internasional dan sebagai suatu strategi pembangunan ekonomi untuk negara-negara berkembang.
Menjelang akhir 1960-an, IUOTO menyadari perlunya transformasi lebih lanjut untuk meningkatkan perannya di tingkat internasional. Jenderal IUOTO perakitan ke-20 di Tokyo , tahun 1967, menyatakan perlu untuk menciptakan sebuah badan antar pemerintah dengan kemampuan yang diperlukan untuk berfungsi di tingkat internasional bekerja sama dengan badan-badan internasional lainnya, khususnya PBB. Sepanjang keberadaan IUOTO, hubungan dekat telah didirikan antara organisasi dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan saran awal memiliki IUOTO menjadi bagian dari PBB. Namun, setelah peredaran draft konvensi, konsensus menyatakan bahwa setiap organisasi antar pemerintah yang dihasilkan harus terkait erat dengan PBB tetapi melestarikan "keuangan lengkap administrasi dan" otonomi. Rekomendasi dari PBB bahwa pembentukan organisasi antar pemerintah wisata baru didasarkan. Resolusi 2529 majelis XXIVth umum PBB menyatakan:
Majelis Umum berpendapat bahwa metode yang akan memungkinkan kesepakatan dicapai lebih mudah antara pemerintah untuk pembentukan organisasi pariwisata internasional dari antar pemerintah, terutama untuk membantu negara-negara berkembang akan:
(A) konversi Uni Internasional Organisasi Perjalanan Dinas menjadi sebuah organisasi antar pemerintah melalui revisi undang-undang nya
b) Pembentukan operasional antara menghubungkan Serikat dan Bangsa yang diubah oleh Uni cara formal.
Pada tahun 1970, majelis IUOTO umum memilih mendukung membentuk Organisasi Pariwisata Dunia (WTO), berdasarkan anggaran dasar IUOTO, dan setelah ratifikasi oleh 51 negara yang ditentukan, WTO mulai beroperasi pada tanggal 1 November 1974. Baru-baru ini, pada sidang umum kelima belas tahun 2003, dewan umum WTO dan PBB sepakat untuk membentuk WTO sebagai badan khusus PBB. Sering kebingungan antara kedua WTOs - Organisasi Pariwisata Dunia Organisasi Perdagangan Dunia - pada 1 Desember 2005 ketika Majelis Umum menyetujui untuk menambahkan huruf PBB (untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa) ke awal dari singkatan terkemuka badan internasional pariwisata dalam bahasa Inggris dan Rusia dan menjadi UNWTO. singkatan UNWTO tetap OMT di Perancis dan Spanyol.
BAB II PARIWISATA DAN WISATAWAN INTERNASIONAL
Pengertian Pariwisata Internasional
Pariwisata berdasarkan beberapa konsep-konsep pseperti Robert Christie Mill dan Alastair M. Morrison (1984: xvii) dalam buku The Tourism System: An Introductory Text, mengatakan : “ From an image viewpoint is presently thought of in ambigious terms. No definitions of tourism are very universally accepted. There is a link between tourism, travel, recreation, and leisure, yet the link fuzzy. If tourism involves travel, yet not all travel is tourism.
All tourism involves recreations, yet not all recreation is tourism. All tourism occurs during leisure time, but not all leisure time is given to tourist pursuit. The definition of tourism as an industry with clearly defined limits would aid both those within and outside of tourism in getting a clear picture of what tourism is all about. With a clear image would come better understanding “.
Yang mana jika kita ambil secara garis besar dan intinya dari buku The Tourism System: An Introductory Text belum ada suatu batasan yang bias diterima secara umum, Ada hubungan yang erat antara pariwisata (tourism), perjalanan (travel), rekreasi (recreation), waktu senggang (leisure) dan jika dikaitkan satu sama lain maka kita dapat menyimpulkan dari pendapat diatas bahwa jika diartikan sebagai perjalanan, tidak semua perjalanan disebut pariwisata, Semua perjalanan wisata termasuk rekreasi begitu juga dengan waktu senggang yang digunakan pariwisata terkait dengan semua itu namun tidak semua rekreasi dan waktu senggang adalah pariwisata, untuk semakin membuat semua semakin jelas ada batasan ataupun kriteria yang mana perjalanan disebut pariwisata jika memenuhi kriteria dibawah ini:
1. Perjalanan dilakukan dari satu tempat ke tempat lain, perjalanan dilakukandiluar tempat kediaman dari mana wisatawan itu tinggal.
2. Perjalanan dilakukan minimal 24 jam kecuali excursionist atau darmawisata yang kurang dari 24 jam.
3. Tujuan perjalanan semata-mata hanya untuk pleasure atau bersenang-senang tanpa mencari nafkah di destinasi wisata yang dikunjungi.
4. Uang yang dibelanjakan wisatawan berasal dari negaranya atau uangnya sendiri dan bukan yang didapat ketika melakukan perjalanan wisata.
Sedangkan kata internasional adalah yang melintasi atau berhubungan antabenua atau Negara, dalam kaitannya dengan pariwisata berarti sebuaah kegiatan yang melintasi antarnegara, maka pengertian pariwisata internasional adalah kegiatan perjalan secara antarnegara maupun benua yang bertujuan untuk bersenang-senang tanpa mencari nafkah dan juga menggunakan dananya sendiri dan dilakukan dalam skala antarnegar maupun benua yan mana nantinya tentunya melibatkan transportasi yan lebih modern atau masala dan berkemampuan malakukan perjalanan jarak jauh, seperti kapal pesiar, kapal angkutan penumpang laut, pesawat terbang, dan lain-lain.
Pengertian wisatawan Mancanegara/Internasional
Kata wisatawan berasal dari bahasa Sansekerta, dari asal kata “ wisata” yang berarti perjalanan ditambah dengan akhiran “ wan” yang berarti orang yang melakukan perjalanan wisata. Dalam bahasa Inggris, orang yang melakukan perjalanan disebut traveller. Sedangkan orang yang melakukan perjalanan untuk tujuan wisata disebut Tourist.
Definisi mengenai tourist, diantara berbagai ahli atau Badan Internasional, masih belum ada keseragaman pengertian. Perbedaan pengertian atau batasan di sebabkan karena perbedaan latar belakang pendidikan atau keahlian, perbedaan kepentingan dan perbedaan pandangan dari para ahli atau badan tersebut. Baik mengenai batasan wisatawan internasional maupun wisatawan domestik.
Dibawah ini akan dikemukakan batasan dari beberapa ahli dan badan internasional di bidang pariwisata :
Konsep mengenai Wisatawan Internasional, yang dikemukakan Norval, seorang ahli ekonomi Inggris, memberi batasa mengenai wisatawan internasional sebagai berikut : “ Every person who comes to a foreign country for a reason than to establish his permanent residence or such permanent work and who spends in the country of his temporary stay, the money he has earned else where”.
(Wisatawan adalah setiap orang yang mengunjungi suatu negara , dengan tujuan tidak untuk menetap atau bekerja tetap, dan membelanjakan uangnya di tempat tersebut dengan uang yang diperolehnya di tempat lain.)
Dari definisi tersebut, Norval lebih menekankan pada aspek ekonominya, sementara aspek sosiologi kurang mendapat perhatian. Pada tahun 1937 , Komisi Ekonomi Liga Bangsa- Bangsa ( Economis Commission of The league of Nations), pertama kali memberikan batasan pengertian mengenai internasional tourist pada forum international . Rumusan tersebut adalah sebagai berikut :
“ The term tourist shall , in principle, be interpreted to mean any person travelling for a period of 24-hours or more in a country other than in which he usually resides”. ( Istilah Wisatawan pada dasarnya diartikan sebagai seseorang yang melakukan perjalanan selama 24 jam atau lebih di negara lain, selain dimana yang bersangkutan bertempat tinggal.)
Hal pokok yang penting dari batasan Liga Bangsa – Bangsa tersebut yang perlu dicatat adalah :
¯ Perjalanan dari satu negara ke negara lain
¯ Lama perjalanan sekurang-kurangnya 24 jam
Untuk selanjutnya PBB, menyempurnakan batasan pengertian tersebut, dengan mengelompokkan orang –orang yang dapat disebut sebagai wisatawan dan bukan wisatawan.
 Yang termasuk wisatawan adalah :
¯ Mereka yang mengadakan perjalanan untuk keperluan bersenang-senang, mengunjungi keluarga, dll.
¯ Mereka yang mengadakan perjalanan untuk keperluan pertemuan –pertemuan atau karena tugas tertentu , seperti dalam ilmu pengetahuan, tugas negara, diplomasi, agama , olah raga dll.
¯ Mereka yang mengadakan perjalanan untuk tujuan usaha.
¯ Mereka yang melakukan kunjungan mengikuti perjalanan kapal laut, walaupun tinggal kurang dari 24 jam.
 Yang dianggap sebagai bukan wisatawan :
¯ Mereka yang berkunjung dengan tujuan untuk mencari pekerjaan atau melakukan kegiatan usaha.
¯ Mereka yang berkunjung ke suatu negara dengan tujuan utuk bertempat tinggal tetap.
¯ Penduduk di daerah tapal batas negara dan bekerja di negara yang berdekatan.
¯ Wisatawan yang hanya melewati suatu negara tanpa tinggal di negara yang dilaluinya itu.
Batasan tersebut tidak dapat diterima oleh Komisi Statistik dan Komisi Fasilitas Internasional Civil Aviation Organization, PBB. Komisi ini membuat rumusan baru. Istilah Tourist diganti dengan Foreign Tourist, dan memasukkan kategori Visitor di dalamnya. Dalam rumusan Komisi Statistik ini dicantumkan batas maksimal kunjungan selama 6 bulan, sedangkan batas minimum 24 jam dikesampingkan. Selanjutnya batasan yang semula berdasarkan kebangsaan ( nationality) , diganti dengan berdasarkan tempat tinggal sehari –hari wisatawan. ( Country of Residence).
Menyadari ketidakseragaman pengertian tersebut Internasional Union of Official Travel Organization ( IUOTO), sebagai badan organisasi pariwisata internasional yang memiliki anggota lebih kurang 90 negara telah mengambil inisiatif dan memutuskan batasan yang sifatnya seragam melalui PBB pada tahun 1963 di Roma.
Visitor adalah “ Any person travelling to country other than that of his usual place of residence, for any reason other than the exercise of a remunerated activity”. ( Setiap orang yang mengadakan perjalanan ke suatu negara lain, di luar tempat tinggal biasanya, dengan alasan apapun, selain melakukan kegiatan untuk mendapat upah ).
Batasan tersebut mencakup dua kategori pengertian Tourist dan Excursionists.
Tourist are temporary visitors staying at least 24 hours in the country visited and whose motives for travel are :
¯ Leisure ( pleasure, holidays, health, studies, religion and sports)
¯ Business , family, mission, meetings
Wisatawan adalah pengunjung sementara, tinggal sekurag-kuragnya 24 jam di negara yang dikunjungi dan motif perjalanannya adalah :
¯ Kesenangan, liburan, kesehatan, belajar, keagamaan dan olah raga
¯ Usaha, kunjungan keluarga, missi, pertemuan-pertemuan
Excursionists are temporary visitors staying only on one day in the country visited without staying overnight (including cruise passenger. Excursionists adalah pengunjung sementara, tinggal satu hari di negara yang dikunjungi tanpa menginap, termasuk penumpang kapal pesiar.
BAB III PENGERTIAN KARAKTERISTIK WISATAWAN
Pembagian Karakteristik Wisatawan
Gambaran mengenai wisatawan biasanya dibedakan berdasarkan karakteristik perjalanannya (trip descriptor) dan karakteristik wisatawannya (tourist descriptor) (Seaton dan Bennet, 1996).
1. Trip Descriptor
Wisatawan dibagi ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan jenis perjalanan yang dilakukannya. Secara umum jenis perjalanan dibedakan menjadi : perjalanan rekreasi, mengunjungi teman/keluarga (VFR = visiting friends and relatives), perjalanan bisnis dan kelompok perjalanan lainnya (Seaton & Bennet, 1996). Smith (1995) menambahkan jenis perjalanan untuk kesehatan dan keagamaan di luar kelompok lainnya. Lebih lanjut jenis-jenis perjalanan ini juga dapat dibedakan lagi berdasarkan lama perjalanan, jarak yang ditempuh, waktu melakukan perjalanan tersebut, jenis akomodasi atau transportasi yang digunakan dalam perjalanan, pengorganisasian perjalanan, besar pengeluaran dan lain-lain.
2. Tourist Descriptor
Memfokuskan pada wisatawannya, biasanya digambarkan dengan “Who wants what, why, when, where and how much?”. Untuk menjelaskan hal-hal tersebut digunakan beberapa karakteristik diantaranya adalah sebagai berikut :
a. Karakteristik Sosio-demografis
Karakteristik sosio-demografis mencoba menjawab pertanyaan “who wants what”. Pembagian berdasarkan karakteristik ini paling sering dilakukan untuk kepentingan analisis pariwisata, perencanaan dan pemasaran, karena sangat jelas definisinya dan relatif mudah pembagiannya (Kotler, 1996). Yang termasuk dalam karakteristik sosio-demografis diantaranya adalah jenis kelamin, umur, status perkawinan, tingkat pendidikan, pekerjaan, kelas sosial, ukuran keluarga atau jumlah anggota keluarga dan lain-lain yang dielaborasi dari karakteristik tersebut.
Karakteristik sosio-demografis juga berkaitan satu dengan yang lain secara tidak langsung. Misalnya tingkat pendidikan seseorang dengan pekerjaan dan tingkat pendapatannya, serta usia dengan status perkawinan dan ukuran keluarga.
Pembagian wisatawan berdasarkan karakteristik sosio-demografis ini paling nyata kaitannya dengan pola berwisata mereka. Jenis kelamin maupun kelompok umur misalnya berkaitan dengan pilihan jenis wisata yang dilakukan (Seaton & Bennet, 1996). Jenis pekerjaan seseorang maupun tipe keluarga akan berpengaruh pada waktu luang yang dimiliki orang tersebut, dan lebih lanjut pada kemampuannya berwisata. Selain karakteristik sosio-demografis, karakteristik lain yang biasa digunakan dalam mengelompokkan wisatawan adalah karakteristik geografis, psikografis dan tingkah laku (behavior) (Smith, 1995).
b. Karakteristik geografis
Karakteristik geografis membagi wisatawan berdasarkan lokasi tempat tinggalnya, biasanya dibedakan menjadi desa-kota, propinsi, maupun negara asalnya. Pembagian ini lebih lanjut dapat pula dikelompokkan berdasarkan ukuran (size) kota tempat tinggal (kota kecil, menengah, besar/metropolitan), kepadatan penduduk di kota tersebut dan lain-lain.
c. Karakteristik psikografis
Sementara itu karakteristik psikografis membagi wisatawan ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan kelas sosial, life-style dan karakteristik personal. Wisatawan dalam kelompok demografis yang sama mungkin memiliki profil psikografis yang sangat berbeda.
Beragamnya karakteristik dan latar belakang wisatawan menyebabkan beragamnya keinginan dan kebutuhan mereka akan suatu produk wisata. Pengelompokan-pengelompokan wisatawan dapat memberi informasi mengenai alasan setiap kelompok mengunjungi objek wisata yang berbeda, berapa besar ukuran kelompok tersebut, pola pengeluaran setiap kelompok, “kesetiaannya” terhadap suatu produk wisata tertentu, sensitivitas mereka terhadap perubahan harga produk wisata, serta respon kelompok terhadap berbagai bentuk iklan produk wisata. Lebih lanjut, pengetahuan mengenai wisatawan sangat diperlukan dalam merencanakan produk wisata yang sesuai dengan keinginan kelompok pasar tertentu, termasuk merencanakan strategi pemasaran yang tepat bagi kelompok pasar tersebut (Ir. Ina Herliana Koswara, M.Sc.
BAB IV IDENTIFIKASI PARIWISATA DAN WISATAWAN ASIA PASIFIK
Identifikasi Potensi Wisata Asia Pasifik
India
Potensi Wisata Alam Di India
Kerala
Kerala adalah wilayah sempit di pantai yang landai dan diapit bukit-bukit hijau. Kerala juga memiliki beberapa tempat sejarah yang menarik dan olahraga petualangan, selain tempat-tempat indah yang ada hampir di sepanjang pantai dan perbukitan pedalaman.
Ini adalah areal yang penuh dengan keindahan alam. Dari ketinggian megah Ghats Barat menyajikan pemandangan lembah yang hijau. Di antara banyak sungai yang meluncur di dataran perairan mereka untuk bergabung dengan laut Arab, Athirampally air terjun di dekat Trichur adalah tempat wisata yang populer. sepanjang pantai, bukit pasir yang terhubung laguna dan perairan yang dipenuhi dengan burung camar laut yang mana pemandangan liar disini sangat menarik bagi pecinta alam. Kerala, sebuah kaleidoskop daya tarik hipnotis dengan beberapa sumber daya alam yang paling romantis di dunia, matahari, pohon-pohon palem, pantai yang berkilau, hutan tropis yang lebat, pantai berbatu.
Potensi Wisata Budaya Di India
Tāj Mahal
Tāj Mahal, sebuah monumen yang terletak di Agra, India. Dibangun atas keinginan Kaisar Mughal Shāh Jahān, anak Jahangir, sebagai sebuah musoleum untuk istri Persianya, Arjumand Banu Begum, juga dikenal sebagai Mumtaz-ul-Zamani atau Mumtaz Mahal. Pembangunannya menghabiskan waktu 23 tahun (1630-1653) dan merupakan sebuah adi karya dari arsitektur Mughal.
Shah Jahan memerintahkan Ustad Ahmad membuat bangunan ini. Ustaz Ahmad mengumpulkan 20.000 orang pekerja yang terdiri dari tukang batu, tukang emas, dan pengukir yang termasyhur dari seluruh dunia. Dengan bumbung, kubah dan menara yang buat dari marmer putih, serta seni mozak yang indah, Taj Mahal merupakan salah satu dari Tujuh keajaiban di dunia. Sebanyak 43 jenis batu permata, termasuknya yaitu berlian, jed, kristal, topaz dan nilam telah digunakan untuk memper indah Taj Mahal. Pembuatan Taj Mahal memakan masa selama 23 tahun.
Kompleks Benteng Merah
Kompleks Benteng Merah dibangun sebagai benteng istana Shahjahanabad, ibu kota baru Kaisar kelima Mughal India, Shah Jahan. Dinamakan sesuai temboknya yang besar dan terbuat dari batu pasir merah,tempat ini terletak berdampingan dengan benteng yang lebih tua, Salimgarh, yang dibangun oleh Islam Shah Suri pada tahun 1546, dan keduanya bersama-sama membentuk Kompleks Benteng Merah. Terdiri atas jajaran paviliun yang dihubungkan dengan kanal air tidak terputus, yang dikenal sebagai Nahr-i-Behisht (Sungai Surga). Kompleks Benteng Merah dianggap melambangkan titik puncak kreativitas Mughal yang berhasil mencapai level kesempurnaan baru di bawah kepemimpinan Shah Jahan. Perencanaan istana didasarkan pada prototipe Islam, namun masing-masing paviliun menampilkan elemen arsitektur khas bangunan Mughal, merefleksikan paduan tradisi Persia, Timurid, dan Hindu dan telah menjadi situs warisan dunia sejak 2007 oleh Pusat Warisan Budaya UNESCO
Sungai Gangga
Gangga ialah sungai di India Utara. Dalam Hindu, Gangga juga disembah sebagai dewi. Sungai ini adalah sungai suci bagi yang agama hindu. Sejak jaman purba terdapat keyakinan bahwa air sungai Gangga itu mempunyai kekuatan melebur dosa dan kenodaan rohani dan jasmani.
Airnya itu, baik untuk menyucikan diri sendiri, maupun untuk menyucikan roh orang yang sudah meninggal, nama lain untuk Gangga pada umumnya adalah Bhagirathi. Sungai besar dan suci itu mempunyai tujuh aliran anak sungai, dan masing-masing mempunyai kekuatan melebur dosa. Nama-nama dan ketujuh cabangnya itu, yaitu: Gangga, Yamuna, Saraswati, Vitastha, Sarayu, Gomati, dan Gandaki. Dikatakan bahwa dengan terkena pecikan air sungai-sungai itu yang dimohon dengan upacara, akan dapat menjauhkan diri kita dari bencana, dan apabila meminum airnya, akan terbebaslah kita dari pengaruh perbuatan dosa.
Potensi Wisata Buatan Di India
Veegaland
Amusement Park Veegaland, Terletak di Pallikkara, hanya 14kms jauh dari Kochi / Cochin. Dengan luas yang lebih dari 24 hektar, Veegaland akan memberikan suasana dongeng pada wisatawan. Waktu berkunjung 10:30-6:30. Biaya sampai Rs 500 per orang (dewasa). Biaya anak-anak dikenakan berdasarkan ketentuan. Situs terkenal semisal Swing Park Pool Veegaland, Music Dancing Fountain yang mana Pertama dari jenisnya, Fairy Park Veegaland, dan Kastil Vintage Fairy Castle semacam bianglala putar yang mana adalah daya tarik utama di sini.
Kemudian ada seven story Castle, yang merupakan keajaiban Veegaland. Halaman rumput luas di sini menambah keindahan Taman Veegaland. Dalam Veegaland ada 1.150-tinggi dan kaki-kaki panjang 40 roller-coaster ride di dalam benteng peri ( seven story castle), atraksinya turun 35 meter dari gua bergulir dalam air perahu splash, kolam gelombang 14.000-sq kaki yang menghasilkan gelombang raksasa dari 10 lakh liter air. Daya tarik utama lainnya adalah 500 tempat duduk di teater dengan air mancur dan musik modern yang lompatan dalam irama dengan lagu-lagu film populer Veegaland park memiliki kapasitas untuk sekitar 400 orang sekaligus.
Korea selatan
Potensi Wisata Alam Di Korea Selatan
Pulau Jeju
Jeju atau Cheju adalah sebuah pulau yang terletak di ujung Semenanjung Korea dan dekat dengan Jepang. Karena suasananya yang romantis, Pulau Jeju juga menjadi tempat tujuan berbulan madu para pasangan baru. Beberapa destinasi wisata alam yang dapat dikunjungi disini adalah Gunung Halla di Jeju ada gunung tertinggi di Korea Selatan yaitu Halla yang terletak di tengah pulau ini. Di gunung setinggi 1.950 meter ini.
Wisatawan dapat melakukan pendakian. Saat musim dingin, gunung ini akan terlihat indah karena tertutup oleh putihnya salju. Sementara itu, di musim panas, puncak gunung yang disaput kabut tipis menghadirkan nuansa romantis. Di area ini, kita akan menemukan kuda khas Jeju yang berukuran kecil, tapi tampilannya seperti kuda Barat. Pantai Jungmun, Pantai ini terletak tepat di Jeju Jungmun Resort. Yang membuat pantai ini unik adalah pasirnya yang berwarna-warni, hitam, putih, dan merah. Suasana pantai yang tak terlalu ramai, menjadikannya semakin romantis
Moses Miracle
Ini adalah penomena alam yang paling mengagumkam di Korea Selatan yang dinamai "Moses Miracle", sekali setahun terjadi air surut, terbuka suatu alur daratan sepanjang 2.8 kilometer dan lebar 40 meter yang menghubungkan pulau Jindo dan Modo selama beberapa jam. Fenomena ini dikarenakan perbedaan pasang tinggi dan rendah. festival laut Jindo atau jindo sea parting festival diadakan untuk memeriahkan kejadian alam ini dan dihadiri orang-orang dari segala penjuru dunia, untuk periode tahun ini sekitar tanggal 19 maret – 21 maret 2011. Para wisatawan bisa merasakan berjalan sepanjang jalan yang terbuka ditengah laut ini, mengunjungi gerai-gerai makanan di desa nelayan sekitar maupun melihat pergelaran budaya dan melihat mahluk laut yang ada disana.
Potensi Wisata Budaya Di Korea Selatan
Kimchi
Kimichi merupakan makanan fermentasi dengan serat yang tinggi dan tidak berkolesterol, tentu baik untuk kesehatan. Kimchi terbuat dari bahan sayuran sawi putih dan lobak yang dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang , cumi, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah. Ada beberapa jenis Kimichi yang sesuai dari musimnya, dua diantaranya yaitu ‘kimchi ‘yolmu untuk musim gugur dan ‘kimjang untuk musim dingin pada bulan November dan Desember
Sebelum diolah, kimchi digarami dan dicuci. Setelah setelah itu baru kemudian sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah. Dan jangan menggunakan wadah yang terbuat dari bahan metal untuk menyimpan Kimchi. Proses selanjutnya sangat khas, yakni sayuran yang sudah berbumbu tersebut dimasukkan ke dalam guci lalu ditanam di dalam tanah. Proses yang disebut pengawetan dan fermentasi ini bisa memakan waktu minimal tujuh bulan dan maksimal tiga tahun.
Festival Tari Topeng Andong
Propinsi Gyeongsangbuk-do terdapat Festival Tari Topeng Internasional Andong. Kota Andong memililiki warisan budaya material maupun non-material terbesar di Korea yang diakui dan dilestarikan dengan baik. Festival Tari Topeng Internasional Andong bertujuan mempromosikan tradisi dan budaya kota Andong.
Melalui berbagai macam program pertunjukan tari topeng, dan seni tradisi rakyat, Tema festival berpusat pada tari-tari topeng yang tujuannya menenangkan mahluk-mahluk gelisah di sekitar. Kini, festival ini bukan hanya menampilkan berbagai tari topeng tradisional Korea, tapi juga tari-tari tradisional dari seluruh dunia, termasuk Chajeon-nori, Notdari bapgi dan Hwajeon-nori (permainan api). Festival ini dirayakan dari Tanggal 26 September –5 Oktober 2008, bertempat di Desa Hahoe di Andong-si
Potensi Wisata Buatan Di Korea Selatan
Lotte world
Lotte World dengan luas indoor 1,7 hektar, seperti sebuah kota kecil dengan sebuah taman hiburan, folk museum, pusat olahraga (termasuk arena skating dan kolam renang / taman air slide), pusat perbelanjaan, dan hotel. Kebanyakan fasilitas berada di dalam ruangan, sehingga mereka dapat dinikmati sepanjang tahun. Daerah pusat terbuka, sehingga beberapa tingkatan orang dapat menonton orang lain es skating, menikmati perjalanan, makan, dan berbelanja.
The Lotte World Folk Museum memberikan pengalaman yang sangat baik Korea sejarah dan budaya melalui miniatur dan kehidupan sehari-hari ukuran representasi dan acara khusus. Museum menyediakan beragam program budaya untuk anak-anak dan remaja, kinerja kegiatan bersama dengan pameran khusus dan terus-menerus menambah fitur baru dan menunjukkan khusus untuk menghindari stagnasi. Biaya masuk sekitar 24,000 won dewasa dan sekitar 21,000 won 13-18 tahun dan 18,000 won untuk anak-anak.

Cina
Potensi Wisata Alam Di Cina
Yellow Mountain
Warisan Dunia UNESCO Situs Yellow Mountain di provinsi Anhui adalah objek wisata alam yang paling terkenal di Cina, dan memiliki pemandangan pegunungan menyapu, hutan bambu, dan pohon pinus kuno yang mengilhami sinematografi film seperti "Crouching Tiger, Hidden Dragon, "yang difilmkan di lokasi di Yellow Mountain.
Beberapa pohon pinus kuno lebih dari 1.500 tahun, seperti "Song Ke Ying," Salah satu ikon Yellow mountain. Kegiatan yang paling populer pada puncaknya adalah untuk menyaksikan matahari terbit di larut pagi Waktu terbaik untuk pergi ke Yellow Mountain adalah pada musim panas, ketika jalan kering dan lebih mudah untuk berjalan. Namun, di musim dingin, bersalju pemandangan mencolok ditawarkan, walaupun berjalan akan lebih sulit. Bahkan di musim panas, puncak gunung bisa sangat dingin
Pulau Jilin Wusong
Terletak 40 kilometer di utara Jilin dan dikelilingi oleh Sungai Songhua, Pulau Jilin Wusong terkenal dengan pohon-pohon rimednya. Ketika musim dingin datang, pohon-pohon itu akan nampak indah berdiri berselimutkan embun beku di sepanjang tepi sungai. Sementara kabut yang mengelilingi sungai akan membuat pulau seperti negeri dongeng.
Dalam beberapa tahun terakhir, selama perjalanan musim dingin, kelompok penggemar fotografi akan pergi ke sana untuk mengambil gambar dari pohon rimed. Waktu terbaik untuk menikmati tampilan Pulau Jilin Wusong antara bulan November-Februari. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati pemandangan luar biasa di utara Cina ini.
Potensi Wisata Budaya Di Cina
Tembok cina
Panjangnya adalah 6.400 kilometer (dari kawasan Sanhai Pass di timur hingga Lop Nur di sebelah barat) dan tingginya 8 meter dengan tujuan untuk mencegah serbuan bangsa Mongol dari Utara pada masa itu. Lebar bagian atasnya 5 m, sedangkan lebar bagian bawahnya 8 m. Setiap 180-270 m dibuat semacam menara pengintai. Tinggi menara pengintai tersebut 11-12 m.
Untuk membuat tembok raksasa ini, diperlukan waktu ratusan tahun di zaman berbagai kaisar. Semula, diperkirakan Qin Shi-huang yang memulai pembangunan tembok itu, namun menurut penelitian dan catatan literatur sejarah, tembok itu telah dibuat sebelum Dinasti Qin berdiri, tepatnya dibangun pertama kali pada Zaman Negara-negara Berperang. Kaisar Qin Shi-huang meneruskan pembangunan dan pengokohan tembok yang telah dibangun sebelumnya. Bentuk Tembok Raksasa yang sekarang kita lihat adalah hasil pembangunan dari zaman Ming. Bagian dalam tembok berisi tanah yang bercampur dengan bata dan batu-batuan. Bagian atasnya dibuat jalan utama untuk pasukan berkuda Tiongkok. Fungsi Tembok Besar sebagai kubu pertahanan militer sekarang sudah tidak ada lagi, namun keindahan arsitekturnya tetap sangat mengagumkan.
Prajurit Terakota
Terakota Qin adalah karya terbaik seni pahat Tiongkok zaman kuno. Terakota Qin yang masuk dalam daftar warisan dunia sejak tahun 1987 ini terdiri dari 8.099 patung berbentuk prajurit dan kuda dengan ukuran sedikit lebih besar dari wujud tokoh aslinya. Tinggi rata-rata patung adalah 1,8 hingga 2 meter. Patung-patung ini dibuat 210-209 SM untuk menjaga makam Kaisar Cina Pertama, Kaisar Qin Shi Huang Di. Makam ini terletak sekitar 30 km di kaki Gunung Li Shan sebelah utara, Kota Xian, Propinsi Shaanxi, China.
Menariknya, pembangunan makam ini merupakan perintah dari Kaisar Qin Shi Huang Di sendiri setelah ia naik takhta pada 246 SM ketika ia masih berusia tiga belas tahun. Pembangunan makam berakhir 36 tahun kemudian. Kaisar Qin Shi Huang Di sendiri wafat pada tahun 210 SM dan dimakamkan di dalamnya. Terakota yang menakjubkan ini ditemukan pada tahun 1974 oleh sekelompok petani China yang tengah mencoba mengebor sumur. Apa yang ditemukan kemudian sungguh menakjubkan. Patung kuda dan prajurit yang jumlahnya ribuan ini memiliki raut wajah yang sangat hidup dan berlainan satu sama lain, termasuk raut wajah kuda Semua wajah prajurit menghadap ke arah timur untuk melindungi Qin Shi Huang Di dari kemungkinan serangan musuh yang datang dari arah tersebut di akhirat. Teknik pembuatan patung sehebat ini pun menjadi tanda tanya, apalagi dibuat 2000 tahun silam. Kejaiaban lainnya, ruang prajurit terakota ini hanya menempati 1% total luas makam.
Potensi Wisata Buatan Di Cina
Ocean park
Sejak dibuka Januari 1977, 95 juta pengunjung mendatangi Ocean Park. Harian China Daily menyebutkan, selama tahun fiskal yang berakhir Juni 2010, taman hiburan ini dikunjungi 5,1 juta orang, naik 6 persen dari 2009.
Pada Ocean Park ini semua atraksi, wahana dan tempat hiburan lainnya di Ocean Park Hongkong dijadikan satu dengan satu pintu masuk dengan satu tiket. Dekat pintu utama wisatawan bisa melihat atraksi beberapa ekor cerpelai. Setelah itu wisatawan diajak untuk meninjau Aqua City Bakery lalu Giant Panda Adventure, Goldfish Treasures dan Chinese Aligator (buaya daratan cina). Di Giant Panda Adventure kita bisa melihat panda, binatang khas negeri tirai bambu dari dekat baik Panda maupun Panda merah yang berukuran lebih kecil. Sementara di bagian Goldfish Treasures kita bisa melihat lebih dari 300 jenis ikan mas yang unik berbagai ukuran dan warna. Dari ikan mas yang biasa kita jumpai di Indonesia sampai ikan mas koki beragam bentuk seperti Bubble Eye, Ranchu Goldfish, Butterfly tail, Lionhead, dan Celestial Eye dan selain itu masih banyak lagi daya tarik lain semisal neptunus restaurant dan aqua city.
Australia
Potensi Wisata Alam Di Australia
Phillip Island Pinguin Parade
Tempat wisata ini sangat Cocok bagi para pecinta binatang. Setiap sore, burung pinguin yang seharian berada di laut pulang kembali ke daratan. Di Phillip Island, wisatawan bisa melihat langsung burung-burung penguin ini, mereka berenang dan kemudian berbaris menuju daratan dan menerobos melewati kaki wisatawan. Tempat wisata ini juga cocok bagi wisatawan yang ingin menambah wawasan ataupun sebagai wisata keluarga. Kalau wisatawan ingin melihat pingun dari jarak yang paling dekat, datanglah paling awal dan ambil tempat duduk yang dekat dengan tepi pantai dan dekat dengan jalur para pinguin itu.
Healesville Sanctuary
Bagi wisatawan yang Ingin melihat Koala dalam jarak dekat atau bersalaman dengan Kangguru, sangatlah cocok berwisata ke Healesville Sanctuary. Berbeda dengan Melbourne Zoo, ataupun tempat lain di Australia, di tempat ini para binatang dibiarkan hidup bebas alias tidak dikandang, sehingga wisatawan dapat berinteraksi langsung dengan para binatang, kecuali dengan Koala karena mereka tidur 20 jam perhari sehingga waktu interaksi mungkin hanya sedikit. Tetapi sebaiknya jangan memberi makan binatang yang ada disitu karena mereka pada umumnya memiliki diet tertentu, disini juga tersedia fasilitas untuk bbq party
Potensi Wisata Budaya Di Australia
Como House
Melbourne punya banyak mansion yang dulu ditinggali oleh tuan tanah kaya raya. Mengunjungi rumah-rumah megah itu wisatawan bisa membayangkan kemegahan gaya hidup cream society Melbourne di masa itu. Ada Rippon Lea yang pernah ditinggali janda tua pecinta film Hollywood, sampai Werribee Park yang pemiliknya bunuh diri di dapur. Tapi yang menjadi favorit wisaatwan adalah Como House yang berlanggam Italia. Walaupun tidak semegah Rippon Lea, tapi Como terasa lebih hidup. Tidak terasa seperti museum. Mansion yang terdiri dari dua lantai ini hanya menghabiskan sebagian kecil areal yang luas ini. Sisanya adalah kebun, kolam, pepohonan rindang, dan lapangan luas yang ditinggali sepasang sapi. Menurut travel setempat, Como diambil dari Lake Como di Italia, tempat dimana si pemilik rumah, Edward Williams, melamar istrinya.
Old Melbourne Gaol
Tempat ini memiliki sensasi tersendiri yang cocok bagio wisatawan yang ingin suasana wisata yang agak beda. Old Melbourne Gaol adalah penjara pertama di Australia. Di tempat ini, Robin Hood Australia Ned Kelly dipenjara dan akhirnya dihukum gantung. Tempatnya menyeramkan sekali. Sel-selnya yang tertutup dan sangat lembab membuat suasana seolah-olah hantu-hantu para narapidana dari akhir abad 19 masih berkeliaran disitu.
Disana ada juga cambuk yang mana telah direndam dengan air garam supaya lebih sakit kalau dipakai buat mencambuk, alat-alat hukuman bahkan cetakan kepala dari narapidana yang telah dihukum mati yang terbuat dari gips. Cetakan itu digunakan untuk penelitian perilaku kriminal yang diduga berhubungan dengan bentuk kepala.
Potensi Wisata Buatan Di Australia
Pesona Teater di Melbourne
Melbourne dicanangkan untuk menjadi pusat hiburan teater di belahan bumi bagian selatan. Kurang lebih ekivalennya Broadway di New York dan West-End di London. Oleh karena itu disana sering ada production musical yang cukup populer seperti The Phantom of The Opera, Sunset Blvd., dan Beauty and the Beast. Menonton kegiatan musical ini adalah alternatif kegiatan malam yang menarik. Informasi tentang tempat ini dapat dicari di brosur-brosur pertunjukan yang sedang berjalan di Regent Theatre atau Princess Theatre lalu wisatawan bisa mulai reservasi tiket. Musical sedikit lebih casual dan mudah lebih dicerna, daripada Opera sehingga wisatawan tidak perlu mengenakan gaun malam atau jas pinguin. Cukup busana yang rapih dan kasual
Karakteristik Wisatawan Asia Pasifik
India
orang India mempunyai budaya yang khusus dan unik dengan lebih banyak variasi dibandingkan dengan budaya-budaya Asia Timur. Gaya komunikasi mereka lebih bertele-tele dibandingkan dengan orang-orang Cina,Jepang, maupun Korea dan mereka berorieantasi atau berdialong seperti kebanyakan orang Latin. Pada dasarnya, mereka adalah bangsa yang multiaktif, mereka telah menciptakan suatu masyarakat yang non-individualis.
Di India Perkembangan terhadap minat berwisata outbound atau wisata ke luar negeri saat ini mencapai 15-20% per tahun. Profil wisatawan India sekarang ini lebih mengarah kepada perjalanan dalam bentuk grup keluarga dengan tujuan rekreasi keluarga yang mana memiliki tingkat kesulitan yang rendah. Jenis Wisata yang diminati adalah wisata alam dan wisata budaya Selain itu wisata konvensi menjadi salah satu bentuk aktivitas wisata potensial untuk dipasarkan bagi masyarakat India.
Korea selatan
Kebudayaan orang Korea memang tidak jauh beda dengan kebudayaan orang Timur, tetapi mereka tidak begitu suka dengan budaya ritual. Mereka memiliki peluang yang cukup besar untuk berlibur ke Pulau Dewata ini. Bali juga sudah mendapatkan persepsi yang baik di mata wisatawan Korea. Komponen masyarakat Bali perlu meningkatkan keamanan, sehingga wisatawan asal Korea Selatan ini bisa tetap dengan nyaman berkunjung ke Bali
Wisatawan asal Korea Selatan mesti ditampilkan atraksi alam seperti wisata tirta. Dengan pendapatan yang tinggi, wisman Korea memiliki kebiasaan berbelanja. Pelaku pariwisata juga perlu mengarahkan wisatawan Korea ini ke kawasan pasar seni atau pusat perbelanjaan di Bali.melihat tingginya pendapatan masyarakat Korea Selatan, Outbound ke Indonesia 2006 241.619 (-4,1%), Lama Tinggal 7,21 Hari, Pembelanjaan Rata-Rata 141,56 US$ Per Hari, Asal daerah Outbound Seoul, Pusan, Taegu, Inchon, Ulsan, Chonju
Cina
Selama periode Januari - September 2009, wisatawan Cina yang berkunjung ke Bali tercatat sebanyak 154.846 orang atau meningkat 65,13 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yang tercatat 93.773 orang. Tingginya jumlah kunjungan wisman Cina ke Bali dinilai kalangan pelaku pariwisata Bali dikarenakan adanya penerbangan langsung ( direct flight ) dari Cina-Bali dan sebaliknya serta adanya fasilitas Visa on Arrival (VoA), karakter pasar Cina berbeda dengan pasar lain seperti Taiwan . Apalagi mereka yang tinggal di kota-kota besar seperti Beijing . Tipikalnya hampir sama dengan wisatawan Jepang, yakni bisa berbahasa Inggris.
Ini beda dengan wisatawan Taiwan yang umumnya tak bisa berbahasa Inggris. Sebagian wisatawan Cina juga masih suka Chinesse food . Namun, ada juga yang suka mencoba makanan khas Bali . Wisatawan Cina umumnya suka wisata petualangan seperti cruise dan rafting . Mereka tidak terlalu suka diajak berbelanja, kecuali untuk produk kerajinan yang benar-benar khas. Wisata China dipercaya memiliki potensi yang sangat besar, seperti yang diperkirakan oleh Organisasi Pariwisata Dunia akan mengalami pertumbuhan menjadi negara terbesar keempat yang memiliki wisatawan yang ke luar negeri pada 2015. Saat itu diharapkan terdapat 100 juta warga China yang melakukan perjalanan wisata ke luar negeri. Selama 2007 setidaknya terdapat 40,95 juta warga China yang melakukan perjalanan ke luar negeri, naik 18,6% dibanding tahun 2006.
Australia
Australia dengan populasi penduduk sebesar 20.264.082 jiwa, diperkirakan sejumlah 4.802.000 warga Australia melakukan perjalanan ke negara lain pada tahun 2005. Destinasi yang umumnya dikunjungi oleh warga Australia antara lain New Zealand, Inggris Raya, dan Amerika Serikat. Periode perjalanan musim liburan yang dilakukan yaitu pada bulan September sampai Desember. Rata-rata lama kunjungan di negara tujuan berkisar antara 16-30 hari. Negara-negara di Asia dikunjungi oleh 35% dari jumlah wisatawan Australia.
Dalam hal ini Indonesia menempati urutan pertama dalam menerima kunjungan wisatawan Australia dengan jumlah kunjungan ke pulau Bali sebesar 357.000 wisatawan pada tahun 2005. Karakteristik wisatawan Australia cukup berpendidikan, latar belakang perguruan tinggi, tingkat sosial-ekonomi yang cukup tinggi penghasilan rata-rata A$50.000 per tahun, dan merupakan pengguna komputer dan internet 66% di rumah dan 54% di sekolah atau kantor. Lebih jauh lagi, aktivitas wisata yang diminati wisatawan Australia antara lain belanja, mengunjungi kerabat, rekreasi, tour dalam kota dan situs-situs bersejarah. Ini menemukan bahwa wisatawan Australia sangat menginginkan perjalanan wisata dimana mereka dapat merasakan originalitas budaya setempat
BAB V IDENTIFIKASI PARIWISATA DAN WISATAWAN EROPA
Identifikasi Potensi Wisata eropa
Belanda
Potensi Wisata Alam Di Belanda
Pantai Scheveningen
Pantai Scheveningen, pantai yang lingkungannya sudah ditata rapi, dengan bangunan-bangunan pendukung disekitarnya, termasuk arena bermain untuk keluarga, dan sebuah dermaga kayu yang dibuat jauh menjorok ketengah laut, membuat suasana memang menjadi berbeda dan semakin ramai dari segi daya tarik alamnya pantai ini mirip dengan pantai kuta namun lebih sedikit pepohonannya.
Pantai Scheveningen memang dikelola dengan sangat baik. Sarana dan prasarana lingkungannya ditata, diseuaikan dengan kebutuhan para pengunjungnya. Ditepi pantai berderet restoran, kios/toko cinderamata, tempat bermain anak-anak sampai ke sarana olahraga pantai disediakan disini. Scheveningen memang jadi pantai yang sangat layak untuk dikunjungi wisatawan beserta keluarga.
Potensi Wisata Budaya Di Belanda
Denhag
Madurodam di denhag bisa menjadi pilihan menarik apabila wisatawan ingin menjelajahi Belanda tetapi memiliki waktu kunjungan yang singkat. Madurodam serupa konsepnya dengan Taman Mini Indonesia Indah, dimana dalam 1 tempat/kawasan anda dapat mengunjungi berbagai tempat dan bangunan penting (iconic) dalam bentuk miniatur.
Memang tidak akan sama dengan mengalami sendiri ruang-ruang megah bangunan aslinya, namun melihat detil dari tiap bangunan dan usaha senimannya nya untuk menghadirkan tiap suasana dari tiap bangunan menghadirkan decak kagum tersendiri. Pertunjukan lain yang harus kita tandai dalam kalender kita adalah festival tong tong. Festival tahunan ini merayakan kuatnya hubungan kultural indonesia belanda dimana pada festival ini, kita bisa merasakan beragam masakan dan hiburan indonesia.
Museum Maluku
Museum Maluku di Belanda adalah salah satu hadiah dari pemerintah Belanda untuk masyarakat Maluku. Ini sebagai penghargaan pemerintah Belanda terhadap jasa orang-orang Maluku yang mengabdi kepada pemerintah Belanda di zaman Hindia Belanda dulu.
Pada tahun 90-an itu masyarakat Maluku di Belanda merasa perlu untuk memliki lembaga guna memelihara kebudayaan dan sejarah kampung halaman mereka. Tujuannya, jelas Manuhutu, bukan saja untuk meneruskan dua hal itu kepada generasi muda Maluku, tapi juga untuk memberi informasi kepada masyarakat Belanda.
Yang bisa dilihat di museum ini tentu saja benda-benda berasal dari Maluku. Selain itu pengunjung juga disuguhi cerita-cerita tentang alam dan budaya Maluku. Pengunjung juga bisa mencari informasi di computer misalnya tentang hubungan antar kampung di Maluku yang disebut pela. "Pela ini juga banyak digunakan sebagai alat berkomunikasi antar pemeluk agama," tambahnya. Menariknya museum ini tidak hanya memperlihatkan alat-alat musik, tapi juga bisa memperdengarkan suaranya.
ROTTERDAM
Belanda. Sebuah negara unik yang menjanjikan integrasi dan toleransi kepada para pendatangnya. Kota yang juluki a melting pot of culture, yaitu Rotterdam. Rotterdam dulunya adalah sebuah pelabuhan yang pada perang dunia kedua mengalami kerusakan besar akibat agresi negara Jerman.
Atraksi yang ditawarkan kota ini memang dibilang relatif generik, seperti pusat perbelanjaan yang nyaman dan sangat menyenangkan, bangunan modern yang diatur bagai tampilan menarik di beberapa titik kota dan sebuah plaza yang dikombinasikan dengan fungsi hiburan sebuah kota, salah satunya adalah cinema Pathe. Kemasyuran cinema Pathe ini memang sudah mendunia, hal ini disebabkan karena tiap tahunnya di Rotterdam diselenggarakan festival film internasional yang memang sangat dinantikan oleh banyak pelaku dan pemerhati film.
Potensi Wisata Buatan Di Belanda
KEUKENHOF
Beribu-ribu wisatawan lokal maupun mancanegara datang mengunjungi keukenhof tiap tahunnya. Selama 1 bulan dalam setahun dibulan April tempat ini dibanjiri wisatawan yang ingin melihat langsung keindahan taman bunga yang sudah mendunia ini.
Taman ini menjadi sangat istimewa, karena setiap pekerja nya bekerja keras untuk 1 bulan yang menentukan. Mula-mula mereka mulai mendesain konsep untuk ditampilkan dalam taman tersebut, dan konsep ini berbeda-beda setiap tahunnya. Setelah itu mereka lanjutkan dengan menterjemahkan konsep kedalam ragam bentuk dan warna serta jenis bunga yang ingin ditampilkan dalam bentuk ilustrasi/gambar. Dilanjutkan dengan penggarapan lahan agar siap untuk ditanami mengikuti desain dan konsep yang sudah ada. Ragam macam benih bunga dan pepohonan dipersiapkan mengikuti desain. Dilanjutkan dengan pemeliharaan selama setahun berikutnya sehingga bunga-bunga yang tumbuh mengikuti desain yang sudah ada. Dan ini semua bukanlah perkara yang mudah.
Jerman
Potensi Wisata Alam Di Jerman
PULAU MAINAU
Pulau Mainau terletak di pusat Danau Konstanz di Jerman. Pulau ini penuh dengan bunga-bunga berwarna-warni indah dan ada pandangan baik panorama Alpen dan Danau Constance. Pulau ini terkenal dengan taman eksotis yang unik yang dibentuk berkat kondisi tropis setempat. Bunga dan semak-semak berubah menjadi bentuk yang luar biasa dari hewan dan berbagai objek. Arboretum lokal memiliki lebih dari 500 spesies pohon dan sekitar 200 rhododendron dan azalea varietas. Juga kebun mawar dan Mediterania terraces dapat ditemukan di sini. Kupu-kupu yang berwarna-warni yang dipelihara di kebun kupu-kupu di bagian tropis. Pulau Mainau adalah tempat di mana wisatawan akan menemukan jumlah terbesar varietas anggrek di seluruh Eropa, yang jumlahnya mencapai 1200. Sebuah kastil dari abad ke-18 dengan sebuah kapel adalah permata arsitektur lokal. Pameran, Festival, konser dan Parade yang diadakan di pulau itu, juga. Yang paling utama adalah Festival Countess pada bulan Oktober. Pada saat itu juga festival pakaian, perhiasan dan dekoratif objek di sana. Di musim panas, saat terbaik untuk mencapai pulau dengan kapal. Pulau saling berhubungan dengan tanah oleh sebuah jembatan dengan kondisi jalan bagus.
Potensi Wisata Budaya Di Jerman
eimar
Di kota tua inilah Republik Jerman yang pertama berdiri, setelah jatuhnya sistem monarki (kerajaan). Tak aneh bila nama kota ini diabadikan sebagai Republik Weimar, tempat konstitusi Jerman dirancang dan disetujui pada tahun 1919. Kota tua ini terletak tak jauh dari Erfurt, ibu kota Negara Bagian Thuringen. Kota di bekas wilayah Republik Demokrat, Jerman (Jerman Timur) ini menjadi tempat kelahiran filsuf dan budayawan Johann Wolfgang von Goethe (1749-1832). Memang dalam kurun waktu itu, sekitar 1800-an, Weimar menjadi pusat kehidupan intelektual Jerman, bahkan Eropa. Dikota ini pula Goethe menorehkan karya emasnya, termasuk karya termasyhurnya, Weimar juga menjadi rumah bagi filsuf Friederich von Schiller (1787-1789 serta 1799-1805).
Weimar juga memiliki Theater Nasional Jerman yang memainkan karya-karya Goethe, dan Johann Sebastian Bach. Anda yang menyukai musik klasik tentu dapat memanjakan telinga dengan karya-karya komponis besar dunia. Jika wisatawan sempat mengunjungi Kota Weimar ada beberapa tempat lagi yang harus anda kunjungi diantaranya Istana Musim Panas Schloss Belvedere. Dengan gaya Rococco, keelokan bangunan istana ini dapat dinikmati sepanjang musim panas. Ditempat ini anda bisa sepuasnya mengabadikan perjalanan wisata anda selama berada di Jerman. Dan tentu saja anda juga harus mampir untuk mengetahui lebih jauh tentang sebuah kamp konsentrasi yang memberikan gambaran kepada kita betapa kejam dan bengisnya peperangan.
Museum Pergamon
Museum Pergamon adalah tempat yang pas untuk melihat perpaduan Yunani klasik, Babilonia, Romawi, serta seni dan arsitektur Islam dan Timur Tengah. Sorot utama di museum ini adalah Altar Pergamon. Museum ini buka setiap hari Jumat-Rabu pukul 10.00-18.00 waktru setempat, sedangkan Kamis pukul 10.00-22.00 waktu setempat. Biaya masuknya 10 pounds (sekitar Rp143 ribu).
Untuk menikmati pemandangan kota yang indah, wisatawan bisa naik lift ke dek pengamatan Panoramapunkt (panoramapunkt.de). Dari sini sangat mudah untuk melihat jika Potsdamer Platz dibagi menjadi tiga yaitu Daimler City, Sony Centre, dan Beisheim centre. Panoramapunkt buka mulai pukul 10.00-20.00 waktu setempat dengan biaya masuk 4 pounds (sekitar Rp57 ribu).Bila ingin mengeksplorasi sejarah Yahudi di Jerman, wisatawan bisa mengunjungi Museum Judisches (jmberlin.de) yang berada di Lindenstrasse 9-14. Di museum ini Wisatawan bisa mempelajari tentang kontribusi budaya Yahudi, tokoh-tokoh terkemukanya, dan Holocaust. Museum Judisches buka mulai pukul 10.00-22.00 waktu setempat pada hari Senin sedangkan Selasa-Minggu buka pukul 10.00-20.00 waktu setempat. Tiket masuk yang dikenakan 4 pounds (sekitar Rp57 ribu).
Tembok Berlin
Tembok Berlin merupakan tembok di tengah-tengah kota Berlin. Tembok Berlin menjadi ikon atau simbol ke Perang Dingin, mulai dibangun 13 Agustus 1961 dan diruntuhkan kemudian pada 9 November 1989. Tembok Berlin menjadi ikon atau simbol ke Perang Dingin, mulai dibangun 13 Agustus 1961 dan diruntuhkan kemudian pada 9 November 1989. Ia menjadi tirai besi dan menjadi garis perbatasan antara Jerman Barat dan Jerman Timur selama 28 tahun. Ia menjadi tirai besi dan menjadi garis perbatasan antara Jerman Barat dan Jerman Timur selama 28 tahun. Tembok ini sepanjang 45 km dibangun pada hari ahad, 13 Agustus 1961 di sebelah kota Berlin Timur. Banyak keluarga yang terpisah oleh Tembok Berlin ini. Ada orang tua yang tinggal di Jerman Barat sementara anak-anak tinggal di Jerman Timur. Ini menyebabkan beban emosi ke kedua pihak yang berpisah. Penduduk Jerman Barat seperti walikota saat itu Willt Brandt mengkritik Amerika Serikat yang diam melihat Tembok Berlin ini.
Potensi Wisata Buatan Di Jerman
Boulevard Unter den Linden
Unter den Linden, yang juga dikenal dengan Berlin Walk. Biasanya para wisatawan menyusuri jalan ini dengan tujuan mencapai gerbang Brandenburger saksi bisu bersatunya jerman barat dan timur stelah perang dunia II. Unter den Linden bila diterjemahkan artinya di bawah pohon linden. Boulevard ini patut dijadikan pilihan karena suasananya yang begitu khas. Bila dimulai dari gerbang Brandenburg, perjalanan akan menyebrangi jembatan Schloss menuju Schloss Platz. Rute ini dirancang oleh Friedrich Wilhelm dan merupakan jalan utama dari pusat metropolis Kerajaan Prusia.
Boulevard ini memiliki sejarah tersendiri. Pada masa pemerintahan Nazi, semua pohon linden yang tumbuh subur menaungi jalan ini diganti dengan tiang-tiang bendera yang mengibarkan bendera-bendera Nazi. Setelah perang berakhir pohon-pohon linden itu kemudian ditanam kembali meskipun pembangunan di bagian barat seperti kehilangan maknanya karena boulevard ini berubah fungsi sebagai pusat perbelanjaan. Ironisnya, di wilayah yang dulunya dipimpin Jerman Timur, terusan Unter den Linden justru direnovasi dengan memperbaiki kembali bangunan-bangunan bersejarah dan tetap mempertahankan seperti aslinya.
Inggris
Potensi Wisata Alam Di Inggris
Sungai Thames
Banyak dari kapal yang akan melewati ataupun berlabuh ke sungai Thames yang berangkat dari Westminster Pier, dari mana wisatawan dapat melihat monument di London, seperti gedung-gedung parlemen dan Big Ben di sisi utara, dan London Eye atau Millenium wheels di Selatan.
Ketika wisatawan berada di sisi timur Sungai Thames. Wisatawan dapat melihat banyak kehidupan kota di kedua sisi Banyak restoran besar. Di sisi utara wisatawan bisa melihat sekilas dari api kecil tapi mengkilap di bagian atas monumen, dan yang terbaik pemandangan menakjubkan St Paul's Cathedral juga dari Sungai Thames atau dari Jembatan Millenium ultra-modern yang mana wisatawan akan melintas di bawahnya. Kapal-kapal wisata untuk rute ini beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00 waktu setempat dan Anda tinggal mengeluarkan uang 13,5 Euro (sekitar Rp.183 ribu) untuk bisa menaikinya dan melihat pemandangan kota yang spektakuler.
Potensi Wisata Budaya Di Inggris
Tower Of London
Tower of London adalah sebuah monumen bersejarah di pusat kota London, Inggris, di tepi utara Sungai Thames. Terletak di London Borough of Tower Hamlets dan terpisah dari ujung timur Kota London oleh ruang terbuka yang dikenal sebagai Tower Hill. Menara London sering diidentikkan dengan Menara Putih, dinding asli persegi benteng yang dibangun oleh William Sang Penakluk pada 1078. Namun, menara secara keseluruhan merupakan kompleks beberapa bangunan yang juga difungsikan sebagai pertahan mulai dari tembok pertahanan dan parit.
Fungsi utama menara adalah sebuah, benteng istana kerajaan, dan penjara terutama untuk status tinggi dan tahanan kerajaan. Ditempat ini juga menjabat sebagai tempat eksekusi dan penyiksaan, terdapat juga sebuah gudang senjata, sebuah kebun binatang, Royal Mint, kantor catatan publik, observatorium, dan sejak 1303 menjadi rumah dari Permata Mahkota Kerajaan Inggris Menara ini buka dari hari Selasa sampai Sabtu mulai pukul 10.00-18.00 waktu setempat. Dengan biaya masuk 17 Euro sekitar Rp. 230.000.
Buckingham Palace
Buckingham Palace adalah kediaman resmi raja Inggris. Terletak di Kota Westminster, istana ini diperuntukkan untuk acara-acara Negara, tempat tinggal anggota kerajaan, dan daya tarik wisata. Ini menjadi titik kumpul bagi orang-orang Inggris pada saat-saat gembira nasional dan juga saat menghadapi krisis.
Awalnya dikenal sebagai Buckingham House, gedung yang membentuk inti dari istana hari ini adalah sebuah rumah bandar besar yang dibangun untuk Duke of Buckingham pada tahun 1703 dan diakuisisi oleh George III pada tahun 1761 sebagai tempat tinggal pribadi, yang dikenal sebagai "House The Queen's". Kemudian Itu diperbesar selama 75 tahun ke depan, terutama oleh arsitek John Nash dan Edward Blore, membentuk tiga sayap di sekitar halaman pusat. Buckingham Palace akhirnya menjadi istana resmi raja Inggris pada aksesi Ratu Victoria pada tahun 1837. Penambahan terakhir struktural utama yang dibuat pada akhir abad ke-20 ke-19. Namun, kapel istana dihancurkan oleh bom Jerman di Perang Dunia II, The Queen's Gallery dibangun di situs tersebut dan dibuka untuk umum pada tahun 1962 untuk memamerkan karya seni dari Koleksi kerajaan.
Potensi Wisata Buatan Di Inggris
Big Ben
Big Ben sejak lama telah menjadi ikon kota london. Sebuah menara jam besar yang berada di ujung Utara Istana Westminster di London ini merupakan menara jam tertinggi ketiga di du nia. Jika ke London, wisatawan tidak mungkin melewatkan kesempatan melihat jam yang mulai berdetak tanggal 31 Mei tahun 1859 ini. Pada malam hari pemandangan menara setinggi 96,3 meter ini akan semakin indah karena dihiasi lampu-lampu kuning keemasan dari Istana Westminster. Big Ben pernah menjadi menara jam bersisi empat terbesar di dunia namun kemudian dikalahkan menara jam Allen-Bradley di Milwaukee, Wisconsin, AS
Tower Bridge
Tower Bridge jembatan gantung di London, Inggris, di atas Sungai Thames. Awal asli desain dengan interior abad ke-19, banyak dari desain tersebut yang masih bertahan, termasuk penggunaan scagliola lapis berwarna cerah dan biru dan pink, Tower Bridge dekat dengan Tower of London, Tower bridge telah menjadi sebuah ikon London. Tower Bridge adalah salah satu dari beberapa jembatan London yang dimiliki dan dipertahankan oleh City Bridge Trust, sebuah badan amal yang diawasi oleh City of London Corporation. Jembatan itu terdiri dari dua menara yang diikat bersama-sama di tingkat atas melalui dua lorong horizontal yang dirancang untuk mengatasi gaya horisontal yang diberikan oleh bagian tersuspensi dari jembatan ke kiri dan kanan. Komponen vertikal dari kekuatan pada bagian tersuspensi dan reaksi vertikal dari dua jalan setapak yang dilakukan oleh dua menara yang kuat.
Karakteristik Wisatawan Eropa
Belanda
Total kunjungan wisatawan mancanegara Belanda ke Bali sebanyak 1.180.118 orang selama enam bulan pertama 2010, atau meningkat 10,23 persen dari periode yang sama 2009 tercatat 1.070.595 orang. Secara umum, karakteristik orang Belanda adalah,Straightforward mereka tidak sungkan-sungkan mengatakan opininya, cenderung terang-terangan berpendapat terhadap suatu hal atau memeberikan persepsinya.
Kritis akan keadaan sekitar, Suka membantu, Cenderung tertutup (tidak ekstrovert) kecuali jika kita sudah kenal dekat dengan mereka. Jadi jangan salah artikan jika mereka terkesan tidak ramah dengan kita, Individualistis, Optimis dan pekerja keras dimana mereka selalu mengutamakan persaingan, senang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi utama, baik di desa maupun di kota.
Jerman
Wisatawan Jerman liburan ke Bali sebanyak 15.655 orang selama tiga bulan periode Januari-Maret 2010, meningkat 23,96 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya tercatat 12.629 orang. Kebanyakan orang-orang Jerman,baik yang muda maupun yang tua memiliki pendidikan yang baik, taraf hidup yang tinggi dalam perbandingan internasional dan ruang gerak yang cukup luas untuk mengatur kehidupan secara individual. Keluarga merupakan pusat kehidupan masyarakat Jerman,
Masyarakat Jerman mempunyai pendirian yang kritis tapi tetap menghargai dan menghormati orang lain serta sangat mencintai bahasa yang dimilikinya, terbukti orang Jerman selalu memakai bahasanya sendiri dalam acara apapun walaupun acara tersebut berada di luar negara Jerman.
Inggris
Pada 2009 kedatangan wisatawan inggris ke bali sebanyak 92.898 orang atau 4,17% dari total kedatanganwisatawan pada tahun tersebut, di inggris Raja sangat dihormati, keluarga Raja adalah mereka yang sangat disegani, Humor adalah faktor pendukung kehidupan orang Inggris , beberapa orang mengatakan bahwa humor disana berkaitan dengan perubahan iklim dan beberapa orang Inggris memandang bahwa lagu juga bagian dari humor.
Orang Inggris memandang diri mereka sebagai orang yang jujur, rasional, penuh perhatian dan baik budi. Orisinalitas mereka seringkali terbentuk atau dibatasi pada eksentris, tetapi benar bahwa melalui sejarah mereka menjadi pemikir lateral dengan kemampuan karya atau ciptaanya yang besar.
BAB VI IDENTIFIKASI PARIWISATA DAN WISATAWAN AMERIKA
Identifikasi Potensi Wisata Amerika
Amerika Serikat
Potensi Wisata Alam Di Amerika Serikat
Air Terjun Niagara
Air terjun Niagara sangat terkenal karena keindahannya dan benar-benar menunjukkan keagungan Sang Pencipta. Air terjun Niagara terletak di daerah perbatasan antara negara bagian Amerikas Serikat yakni New York dan propinsi Ontario di Kanada. Disebut Niagara karena air terjun ini terletak di Sungai Niagara.
Air terjun ini tidak terlalu tinggi tetapi sangat lebar dan terkenal di dunia dan merupakan air terjun yang memiliki jatuhan air paling kuat di Amerika Utara. Air terjun Niagara terbentuk saat gletser turun pada masa berakhirnya zaman es terakhir dulu. Selain keindahan dari air terjunnya, seringkali muncul pelangi yang menghiasi air terjun
Antelope Canyon
Arizona memiliki beberapa ngarai yang besar dan menakjubkan yang dapat wisatawan kunjungi dan temukan. Salah satunya adalah ngarai yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan, terutama fotografer, yaitu Antelope Canyon.Antelope Canyon, yang terletak di tanah bangsa Navajo, tepat di luar Area Rekreasi Nasional Glen Canyon, Ngarai ini terbentuk karena erosi batu pasir Navajo. Pada ngarai ini terdapat celah-celah yang megah dan sempit, hanya cukup ruang untuk sekelompok kecil orang untuk dapat berjalan di lantai berpasirnya dan untuk sorotan sinar matahari masuk dari atasnya. Antelope canyon terdiri dua bagian yang terpisah, yaitu Antelope atas dan bawah. Masing-masing berisi celah-celah tersembunyi yang terukir dari batu pasir yang bentuknya m. Bagian atas Antelope Canyon disebut bighanilini Tse oleh orang-orang Navajo, artinya tempat di mana air mengalir melalui batuan, sedangkan bagian bawahnya disebut Hasdeztwazi yang berarti lengkungan batu spiral.
Potensi Wisata Budaya Di Amerika Serikat
Patung Liberty
Liberty Enlightening The World, Atau Lebih Dikenal Dengan Nama Lainya Statue Of Liberty. Memiliki Sejarahnya Sendiri. Patung Liberty Ini, Merupakan Sebuah Patung Berukuran Raksasa Yang Terdapat Di Pulau Liberty, Di Muara Sungai Hudson Di New York Harbor, Amerika Serikat. Patung Liberty Ini Adalah Sebuah Bangunan Yang Dihadiahkan Perancis Kepada Amerika Serikat Pada Akhir Abad Ke-19. Patung Liberty Merupakan Sebuah Tugu Selamat Datang.
Patung Liberty Adalah Sebuah Patung Yang Terbuat Dari Perunggu Dan Tembaga Yang Diberikan Kepada Amerika Serikat, Tepatnya Pada Tanggal 28 Oktober 1886. Patung Liberty Ini Merupakan Sebuah Hadiah Ulang Tahun Kemerdekaan Amerika Serikat Yang Ke-100 Yang Diberikan Oleh Perancis Sebagai Ungkapan Persahabatan Antara Kedua Negara. Pemahat Patung Liberty Ini Adalah Frederic Auguste Bartholdi, Sedangkan Yang Merancang Struktur Penyangga Bagian Dalam Patung Liberty Adalah Gustave Eiffel Yang Tidak Lain Adalah Desainer Menara Eiffel Yang Berada Di Paris. Patung Liberty Adalah Salah Satu Lambang Amerika Serikat Yang Terkenal Di Seluruh Dunia Yang Juga Melambangkan Kemerdekaan Dan Kebebasan Dari Tekanan
Potensi Wisata Buatan Di Amerika Serikat
Universal Studios Florida
Universal Studio awalnya adalah sebuah perusahaan film di California Amerika Serikat namun kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata umum. Universal Studio Florida merupakan sebuah taman hiburan dengan tema hiburan pertelevisian dan film. Ada banyak atraksi dan live show yang disuguhkan di tempat wisata ini.
Tempat wisata Universal Studios merupakan taman wisata dimana wisatawan bisa menikmati suasana atau latar belakang dari film tertentu. wisatawan bisa mengetahui proses pembuatan film, bagaimana atraksi film dibuat dan kalau beruntung Anda bisa bertemu dengan artis terkenal. Misalnya, salah satu area yang terkenal dan termasuk baru berdiri di Universal Studios adalah taman wisata Harry Potter. Anda akan disambut dengan pesta kembang api. Suasana penuh dengan penyihir yang berlalu lalang. Anda bisa juga membeli souvenir seperti yang terlihat di film. Mengunjungi tempat wisata ini memang serasa Anda masuk dan terbawa dalam dunia Harry Potter. Selain itu banyak terdapat wahana permainan yang asyik dan sekaligus menegangkan.
Washington DC National Mall
Salah satu tempat wisata yang ada di Amerika Serikat adalah Washington DC National Mall. Ini adalah sebuah area terbuka yang dijadikan taman nasional, letaknya sendiri berada di pusat kota Washington, yaitu diantara Independence dan Constitution, dari ruang pertemuan Capitol sampai Lincoln Memoriam. Taman ini dikelola oleh National Mall and Memorial Parks unit dan sebenarnya merupakan bagian dari National Park Service (NPS) atau layanan pertamanan nasional di Amerika Serikat Sana.
Taman ini didirikan pada tahun 1965 dan pada awalnya juga bertujuan untuk melindungi beberapa taman-taman lama yang sebelumnya sudah ada disana dan dikelola oleh NPS. Salah satu nilai historis yang diberikan dari taman ini adalah kesempatan yang cukup banyak untuk memperingati berbagai macam warisan para presiden Amerika Serikat, menghormati keberanian serta pengorbanan veteran perang. Ada beberapa bagian lain dari taman ini yang bisa dikunjungi, diantaranya adalah keunikan bunga tulipnya,Constitution Gardens, Menara kantor pos tua, tugu memorial John Ericsson ataupun tugu memorial Gorge Mason. Tidak kalah juga berbagai tempat bersejarah seperti monument Washington, memorial para pejuang Veteran Vietnam ataupun memorial Lincoln.
Karakteristik Wisatawan Amerika
Amerika Serikat
Lebih dari 50 juta pertahun warga Amerika Serikat melancong ke luar negaranya. Market yang luar biasa memerlukan marketing dan trik khusus untuk menggarap pasar besar ini. Kedatangan ke bali sebanyak 78.010 wisatawan pada tahun 2009. Orang Amerika sangat individualistik dan kapitalistik. Orang yang termasuk golongan ini mempunyai sifat yang egois, tidak suka saling menolong. Dikatakan kapitalistik jika seseorang hanya mengutamakan keuntungan semata dalam hubungannya dengan mahluk sesama atau mahluk lain. Karena sifat yang selalu mencari untung ini, mereka cenderung menjadi oportunis dan melupakan sisi kemanusiaan.
Wisatawan amerika juga Menyukai aspek kebudayaan tradisional, Tertarik pada pemandangan yang indah, Menyukai hotel mewah dan pelayanan yang baik, Mementingkan kebersihan, mereka juga Memilih perjalanan yang singkat dan berpindah-pindah, Terbuka, langsung dan jujur dalam bereaksi tentang sebuah pelayanan dan atraksi, Sopan, Mudah ditangani dan Musim Liburan mereka pada bulan November-Desember
BAB VII IDENTIFIKASI PARIWISATA DAN WISATAWAN AFRIKA
Identifikasi Potensi Wisata Afrika
Afrika Selatan
Potensi Wisata Alam Di Afrika Selatan
Taman Nasional Kruge
Taman Nasional Kruge Posisinya di Provinsi Mpumalanga dan Limpopo. Tidak terlalu berlebihan jika Taman Nasional Kruge disebut sebagai taman safari terbesar di dunia. Sebab,luasnya mencapai 19.486 km persegi. Luas itu hampir sama dengan luas Provinsi Nusa Tenggara Barat yang mencapai 2 0.153 km persegi. Untuk masuk ke Taman Nasional Kruge, setiap pengunjung dikenai ongkos tiket 160 rand atau sekitar Rp 192 ribu. Petugas juga akan memeriksa paspor pengunjung dari negara lain dengan ketat. Di Taman Nasional Kruge ada lima hewan favorit wisatawan. Yakni singa, leopard, badak, kerbau bertanduk, dan gajah. Berdasar data di buku panduan, di Taman Nasional Kruge hidup 33 jenis hewan amfibi, 100 jenis reptil. 450 jenis burung, 45 jenis ikan, dan 120 jenis mamalia.
Potensi Wisata Budaya Di Afrika Selatan
Robben Island
Pulau Robben terletak di Samudera Atlantik kurang lebih 15 km dari kota Cape Town. Pulau ini mempunyai luas wilayah 574 ha. Di sana banyak terdapat anjing laut sehingga orang-orang Belanda menamakannya Robben Island yang berarti pulau anjing laut. Pulau ini merupakan tempat penahanan para pejuang Afrika Selatan yang melawan pemerintahan rezim Apartheid. Bekas Presiden Nelson Mandela pernah mendekam di sana dari 1964 sampai dengan 1974. Sejak 1660-an Belanda telah menggunakan Robben Island untuk menahan para pejuang politik yang berasal dari Asia terutama Indonesia. Orang Cayen dari Sumatera merupakan orang Asia pertama yang ditahan di sana pada 1667. Robben Island banyak menarik perhatian wisatawan asing maupun lokal karena nilai sejarahnya yang cukup tinggi.
Potensi Wisata Buatan Di Afrika Selatan
Canal Walk Century City
Canal Walk Century City terletak di sebelah Ratanga Junction merupakan sebuah tempat hiburan yang identik dengan Disneyland di Amerika Serikat. Sebuah pusat perbelanjaan yang juga menyediakan berbagai macam permainan dan hiburan. Canal Walk memiliki ratusan toko yang menjual berbagai jenis produk barang dan menjanjikan kepuasan tersendiri bagi mereka yang mempunyai hobi berbelanja. Keberadaan Canal Walk sebagai salah satu tujuan wisata ditunjang dengan keindahan tata letak dan diperkaya dengan unsur keelokan bangunan klasiknya yang mengambil model istana kerajaan Yunani zaman kuno. Canal Walk juga dikelilingi oleh sungai artifisial yang indah dan biru dihiasi oleh pohon-pohon yang rindang di sekelilingnya.
Karakteristik Wisatawan Afrika
Afrika Selatan
Kunjungan wisatawan Afrika Selatan ke Bali pada 2009 sebanyak 7.298 wisatawan atau sebanyak 0.33% dari total wisatawan ke Bali pada 2008. Orang Afrika Selatan yang terkadang dianggap individualistis sebenarnya tergantung dari persepsi dan beban sosialnya, namun pada umumnya masyarakat di Afrika Selatan cenderung lebih tergantung pada keluarga dan tipe sosial walaupun mereka juga senang mengambil keputusan sendiri, Pergaulan bebas di kalangan masyarakat Afrika Selatan di kawasan-kawasan perkotaan dan penindasan budaya kaum kulit hitam sewaktu era apartheid telah mengakibatkan hilangnya cara hidup lama di kota-kota di sini. Namun, budaya kulit hitam masih ada di kawasan pedesaan. Beberapa perbedaan budaya tetap ada di antara etnis-etnis di sana, seperti adat perkawinan dan hukum adat mereka.
Tetapi pada umumnya, tradisi masyarakat kulit hitam adalah berlandaskan kepercayaan kepada dewa-dewa yang perkasa serta maskulin, semangat nenek-moyang dan kuasa-kuasa gaib. Poligami juga dibenarkan dan "lobolo" (mas kawin) biasanya akan dibayar. Kerbau memainkan peranan penting dalam kebanyakan budaya, sebagai simbol kekayaan dan hewan korban. Dari segi Kesenian, Afrika Selatan dapat dilihat dari berbagai lukisan gua dan batu oleh suku San, beberapa di antaranya dilukis sejak 26.000 tahun yang lalu. Dari segi makanan, bistik atau sosis boerewors, sayur rebus dan chips (kentang goreng) adalah makanan utama.
BAB VIII KESIMPULAN
Dilihat dari keberagaman potensi yang ada di tiap negara di dunia, mulai dari berbagai potensi alam yang berbeda budaya termasuk hasil karya buatan manusia semisal taman maupun tempat hiburan baik bagi anak-anak maupun dewasa, membuat cakrawal kita kian terbuka atas banyaknya referensi tempat kunjungan wisata yang terdapat di dunia dan dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi beserta berkembangnya angkutan massal jaraj jauh semisal pesawat membuat kita kian mudah bepergian antar negara dan mendapatkan informasi tentang negar lain.
Adapun hal tersebut patut kita sikapi dengan bijak dan juga bukan hanya menganggap negara lain terutama yang menjadi daerah transit bagi indonesia semisal malaysia dan singapura hanya sebagai kompetitor namun juga sebagai pemacu gerak kita untuk bisa melebihi mereka. Pariwisata yang telah berkembang sangat pesat hingga disebut sebagai agen pembangunan bagi daerah yang mengembangkannya haruslah diatur dengan mengutamakan kepentingan daerah diatas sekedar investati brutal yang berlebihan.
Dalam pengembangan daerah wisata juga haruslah dipandang bahwa keunikan orisinil dari tempat wisata tersebut yang menjadi daya tarik wisatawan bukan sekedar tempat wisata yang menyesuaikan diri dengan selera wisatawan tetapi wisatawanlah yang harus kita bidik mana yang sesuai dengan pola dan kondisi tempat wisata yang kita kembangkan, melalui pemahaman tentang karakteristik tiap benua maupun negara yang paling sering ke indonesia maka kita dapat membidik pasar yang tepat, misal wisatawan korea selatan akan kita arahkan ke sukawati maupun pasar lain karena mereka suka wisata, wisatawan amerika akan kita arahkan ke tempat-tempat budaya misal tanaa toraja, ubud dan banyak tempat lainnya.
Dengan ilmu itu kita dapat merancang pangsa pasar wisatawan kita yang tepat, dan nantinya wisatawan yang datang pun menjadi puas dan besar kemungkinan menjadi repeater atau berkunjung kembali ke Bali dan Indonesia pada umumnya, hal ini nantinya akan memberi keuntungan juga bagi Negara kita, maka alangkah baiknya untuk menentukan pangsa pasar kita yang tepat yang disesuaikan dengan produk kita atau destinasi wisata kita selain juga sekaligus mencari referensi tempat wisata dunia yang tiada habisnya.
DAFTAR PUSTAKA
UNWTO, 2011, history, diakses 07 maret 2011, dari url : http://unwto.org
Wikipedia, 2011, pariwisata, 06 april 2011, dari url : www.wikipedia.com
Madebayublogspot, 2011, sejarah pariwisata dunia,21 januari 2011 dari url : http://madebayu.blogspot.com/
Yoeti. 2008. Perencanaan dan pengembangan pariwisata. Jakarta : Pradnya Paramita.
Inan56’s weblog, 2008,Pengantar pariwisata bagian 2 ,23 September 2008, dari url : http://inan56.wordpress.com/2008/09/23/pengantar-pariwisata-bagian-2/
Pariwisata teknologi, 2011, karakteristik dan motivasi wisatawan yang berkunjung ke desa \wisata kertalangu, diakses 07 april 2011, dari url : http://pariwisatadanteknologi.blogspot.com/
Kaskusnews, 2010, pulau jeju balinya korea, 12 april 2010, dari url : http://kaskusnews.us/
Wikipedia, 2008, masakan korea, november 2008, dari url : www.wikipedia.com
Reskaseon, 2010, Kimchi masakan khas dari korea, 07 mei 2010, dari url : http://reskaseonblogger.blogspot.com/2010/05/kimichi.html
Kedutaan besar Republik korea, 2007, perayaan, 2007, dari url : http://www.visitkorea.or.kr.
Wah33dd, 2010, fenomena unik laut korea yang membelah, 14 oktober 2010, dari url : http://wahw33d.blogspot.com/
Konseppariwisata, 2011, profil pasar wisatawan korea selatan, 06 april 2011, dari url : http://konsep-pariwisata.blogspot.com/2009/04/profil-pasar-wisatawan-korea-selatan.html
Poete’s blog, 2009, karakteristik wisatawan asing, 15 desember 2009, dari url : http://poete141289.blogspot.com/
Singapuragasibu, 2011, tempat menarik images of Singapore, diakses 07 april 2011 dari url : http://singapura.gasibu.com/tempat-menarik/images-of-singapore.html
Wisatasingapura, 2010, orchard road pusat belanja paling terkenal di singapura, 06 agustus 2010, dari url : http://wisatasingapura.kiosgeek.com
Thailandpanduanwisata, 2009, kemegahan doi inthanaon di chiang mai, 01 desember 2009, dari url : http://thailand.panduanwisata.com
ThailandPanduanwisatathailand, 2010, jelajahi dunia bawah air di siam ocean world, 07 februari 2010, dari url : http://thailand.panduanwisata.com/
Multiply, 2008, almost unperfect Taiwan, 19 juni 2008, dari url : http://rockstarkilled.multiply.com/reviews/item/219
Indotoplist, 2008, tembok besar cina 7 keajaiban dunia baru,21 mret 2008, dari url : http://www.indotoplist.com/
Matanews, 2010, prajurit terakota warisan terunik dunia, 17 maret 2010, dari url : http://matanews.com/
Muslimhijabstyles, 2011, the journey to windmill country, diakses 20 april 2011, dari url : http://muslimhijabstyles.com/
Keluargapelancong, 2011, canary islands, diakses 21 april 2011, dari url : http://keluargapelancong.net/canary-islands-kepulauan-kenari-spanyol-3/Ghiboo, 2010, glacier express rute Zermatt – st.morris,swiss, 20 desember 2010, dari url : http://ghiboo.com/
Hermansaksono, 2003, top ten tempat wisatadi merlbourne Australia, 23 september 2005, dari url : http://hermansaksono.com/2005/09/top-ten-tempat-wisata-di-melbourne-australia.html
tugaspariwisata.blogspot.com, 25 februari, dari url : http://tugaspariwisata.blogspot.com/2012/02/pariwisata-international.html
Travelerbali, 2011, bali garap pasar wisatawan amerika serikat , 17 februari 2011, dari url : http://travelerbali.com/?act=home
Haximsblogspot, 2011, jalan-jalan ke taman nasional kruger, diakses 17 mei 2011, dari url : http://haxims.blogspot.com
Africa, 2011, African Culture And Personality: Bad Social Science, Effective Social Activism, Or A Call To Reinvent Ethnology?, diakses 17 mei 2011, dari url : http://www.africa.ufl.edu/asq/index.htm

Share this article :
 

+ komentar + 5 komentar

Anonim
28 Maret 2013 14.59

I am hoping this commentary isn't wiped out like my previous one...

my web page: webpage

Anonim
6 Mei 2013 02.04

They changed the world of ear piercing and introduced it into the present day world, and
they keep on to get innovators inside the field.

Also visit my web blog :: best adjustable dumbbells

Anonim
15 Mei 2013 15.51

The most effective part nevertheless is there is not any down time
among your workout routines because of to the freshly enhanced energy rod
method.

Feel free to visit my page ... Skip Navigation

Anonim
2 Juni 2013 00.16

Hiya! I simply want to give an enormous thumbs up for the nice info you have right here on this post.
I shall be coming back to your blog for extra soon.


Feel free to visit my weblog :: guittard semi sweet chocolate chips nutrition

Anonim
7 Juni 2013 00.47

Howdy! I just would like to give an enormous thumbs up for
the good information you have here on this post. I might be coming back to your blog for more soon.


Feel free to visit my site seoul weather 10 day forecast celsius

Poskan Komentar
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ILMU PARIWISATA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger