KONSEP GLOKALISASI DALAM PARIWISATA

Glokalisasi merupakan suatu bentuk atau pola perkembangan terhadap suatu hal yang bersifat global yang dilokalkan. Nilai-nilai global agar mudah diterima oleh local maka diperlukan proses glokalisasi sehingga dapat memenuhi kebutuhan local.

Dalam dunia pariwisata dapat kita fahami dan lihat dengan jelas bahwa sangat banyat terjadi proses globalisasi. Namun proses globalisasi tersebut sering kali berdampak sangat negative terhadap kehidupan local.
Jadi dapat disimpulkan bahwa proses globalisasi tersebut adalah adanya sebuah pola yang terdapat dalam global yang coba diterjemahkan ke dalam local dengan cara tertentu sehingga global tersebut dapat diterima dengan baik oleh local. Dalam dunia pariwisata hal inipun dapat diterjemahkan bahwa berbgai macam trend dalam dunia pariwisata global dapat diterjemahkan oleh local dengan baik.
Adapun contoh untuk mempertegas hal tersebut adalah sebagai berikut ;


  1. Trend pariwisata dunia saat ini adalah green tourism hal ini akan dengan mudah diterjemahkan oleh masyarakat local bahwa green tourism bukan pariwisata hijau tapi pariwisata alam lingkungan, maka untuk mengantisipasi hal tersebut maka akan makin banyak dijual paket wisata agro, ekowisata, atau wisata lainnya yang berbau alam serta mendukung konservasi
  2. Salah satu yang mengglobal dalam dunia pariwisata saat ini adalah adanya pariwisata yang mendukun tentang kemiskinan / pro poor tourism, ini dapat diartikan masyarakat local yang sering kali tidak dilibatkan kedalam perencanaan atau industri pariwisata mulai saat ini harus dilibatkan dan hal inipun yang dilakukan oleh local agar mampu menerima perkembangan global.
  3. Nilai yang dipertahankan oleh global dalam konteks pariwisata adalah nilai atau konsep yang memberikan dampak negative dari pariwisata dalam skala yang besar dan nilai yang dipertahankan oleh local dalam konteks pariwisata adalah menerjemahkan nilai global kedalam local sesuai dengan potensi serta kemampuan local itu sendiri.

Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ILMU PARIWISATA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger