ekowisata

Definisi ekowisata

  1. Konsep pembangunan pariwisata yang memperhatikan adanya keseimbangan antara aspek kelestarian alam dan ekonomi (Fandeli, 2002).
  2. Pariwisata yang berkelanjutan secara ekologi dengan fokus utama pada pengalaman pada daerah alami untuk membantu meningkatkan pemahaman, apresiasi serta konservasi terhadap lingkungan serta budaya. (Crabtree et al.2002 )

Prinsip-prinsip ekowisata

  1. Memiliki fokus area natural (natural area focus) yang memungkinkan wisatawan memiliki peluang untuk menikmati alam secara personal serta langsung.
  2. Menyediakan interpretasi atau jasa pendidikan yang memberikan peluang kepada wisatawan untuk menikmati alam sehingga mereka menjadi lebih mengerti, lebih mampu mengapresiasi serta lebih menikmati.
  3. Kegiatan yang terbaik yang dapat dilakukan dalam rangka keberlanjutan secara ekologis.
  4. Memberikan kontribusi terhadap konservasi alam dan warisan budaya.
  5. Memberikan kontribusi secara kontinyu terhadap masyarakat lokal.
  6. Respek serta peka terhadap nilai-nilai budaya yang ada di wilayah tersebut.
  7. Secara konsisten memenuhi harapan konsumen.
  8. Dipasarkan serta dipromosikan dengan jujur serta akurat sehingga kenyataanya sesuai dengan harapan.
  9. Sesuai dengan konsep tri hita karana

PARIWISATA BERKELANJUTAN
PEMBANGUNAN SUMBER DAYA PARIWISATA (ATRAKSI, FASILITAS, AKSESIBILITAS) YG BERTUJUAN UTK MEMBERIKAN KEUNTUNGAN OPTIMAL BAGI PEMANGKU KEPENTINGAN (STAKEHOLDERS) DAN NILAI KEPUASAN OPTIMAL BAGI WISATAWAN DLM JANGKA PANJANG.


PERMINTAAN PASAR WISATA DUNIA MULAI BERGESER KE ARAH PRODUK WISATA YG MENGEDEPANKAN FAKTOR LINGKUNGAN DAN SOSBUD SBG DAYA TARIK UTAMA

PERUBAHAN PERMINTAAN PASAR CENDERUNG MENGUAT
GEJALANYA :

  1. WISATAWAN MAKIN TDK PUAS TERHADAP PRODUK WISATA YG TERKESAN SERAGAM DAN PRODUKSI MASSAL,
  2. MENINGKATNYA KESADARAN LINGKUNGAN &KEPEKAAN BUDAYA DI MASYARAKAT GLOBAL, UTAMANYA DI KALANGAN NEGARA2 INDUSTRI,
  3. MENGUATNYA KESADARAN BAHWA PEMANFAATAN SDM DAN ALAM SECARA BERLEBIHAN AKAN DPT MENGGANGGU KESEIMBANGAN LINGKUNGAN DAN SOS-BUD DI DAERAH TUJUAN WISATA
  4. TUMBUHNYA KESADARAN DI KALANGAN PELAKU PARIWISATA DAN TOUR OPERATOR UNTUK MENGELOLA PARIWISATA SCR BERKELANJUTAN. MIS, SERTIFIKASI GREENGLOBE UBTUK HOTEL2.


KARAKTERISTIK ECO YG MEMBEDAKANNYA DG MASS TOURISM

  1. AKTIVITAS WISATA TERUTAMA BERKAITAN DGN KONSERVASI LINGKUNGAN
  2. ATRAKSI WISATA DIPAKAI SBG MEDIA UTK MENAWARKAN PELUANG BAGI TURIS UTK MENGHARGAI LINGKUNGAN
  3. KEGIATAN WISATA BERBASIS ALAM YG ASLI
  4. ORGANISASI PERJALANAN (TOUR OPERATOR) MENUNJUKKAN TANGGUNGJAWAB FINANSIAL DLM PELESTARIAN LINGKUNGAN.
  5. PERJALANAN WISATA MENGGUNAKAN ALAT TRANSPORTASI DAN AKOMODASI LOKAL.
  6. PENDAPATAN DARI EKOWISATA DIGUNAKAN TDK HANYA DIGUNAKAN UTK MENDUKUNG KEGIATAN KONSERVASI, NAMUN JUGA DIGUNAKAN UNTUK PENGEMBANGAN MASY SETEMPAT SCR BERKELANJUTAN, MIS DGN MEMBENTUK PROGRAM-PROGRAM PENDIDIKAN LNGKUNGAN
  7. MENGGUNAKAN TEKNOLOGI SEDERHANA YG TERSEDIA DI DAERAH TUJUAN WISATA
  8. JUMLAH WISATAWAN DAN USAHA JASA YG DIKELOLA BERSKALA KECIL.

Suatu kawasan wisata yang baik dan berhasil bila secara optimal didasarkan kepada empat aspek yaitu :

  1. mempertahankan kelestarian lingkungannya,
  2. meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan tersebut,
  3. menjamin kepuasan pengunjung, dan
  4. meningkatkan keterpaduan dan unity pembangunan masyarakat di sekitar kawasan dan zone pengembangannya. Gunn (1993)

KARAKTERISTIK PASAR EKOWISATA

  1. PERTUMBUHAN PASAR EKOWISATA DUNIA 10-30 % (PARIWISATA UMUM, HANYA 4 PERSEN)
  2. DI KAWASAN ASIA-PASIFIK, 10-25%, PD TH 1995.
  3. DI INDONESIA 25 % WISATAWAN MRPKN EKOWISATAWAN (TH 1996).

SIAPA EKOWISATAWAN ?

  1. SEGMEN WISATAWAN YG MEMILIKI MOTIF, MINAT, DAN KETERTARIKAN PD HAL-HAL YG KHUSUS DI DAERAH TUJUAN WISATA, TERUTAMA PD KEGIATAN KONSERVASI ALAM DAN BUDAYA YG MENJADI PUSAT KEGIATAN WISATANYA.
  2. SANGAT SENSITIF & PEDULI THD LINGKUNGAN SHG HANYA MENGGUNAKAN SUMBERDAYA ALAM SCR HEMAT,
  3. MEMBERI KONTRIBUSI THD LINGKUNGAN, MASY LOKAL
  4. MENCARI PENGALAMAN BARU DGN CARA BELAJAR DARI DAN BERSAMA DGN MASYARAKAT TTG SDA DAN BUDAYA SETEMPAT.

PETA KARAKTERISTIK SOSIAL-DEMOGRAFIS
PASAR EKOWISATA (DATA TIES,2000)

  1. BERUSIA MENENGAH/PRODUKTIF (35-54 TH), TERGANTUNG BIAYA PERJALANAN DAN KEGIATAN WISATA YG DIMINATI,
  2. ASPEK GENDER; 50 % PEREMPUAN
  3. BERPENDIDIKAN TINGGI,82%.
  4. PERJALANAN DILAKUKAN DLM SKALA KELMPOK KECIL ATAU INDIVIDUAL. 60 % BERPASANGAN,15% DG KELUARGA, 13% SENDIRIAN
  5. MEMPUNYAI DURASI PERJALANAN YG PANJANG.50% MENYUKAI PERJALANAN DLM RENTANG 8-14 HARI,
  6. BERSEDIA MEMBELANJAKAN UANG DLM JUMLAH YG LEBIH BANYAK DIBANDINGKAN DGN WISATAWAN BIASA (us$ 1000-1500/PERJALANAN).
  7. OBYEK PENTING YG DILIHAT BERUPA KAWASAN ALAM BEBAS, WILDLIFE,DAN HIKING/TREKKING.
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ILMU PARIWISATA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger