KARAKTERISTIK AKTIVITAS BISNIS : DARI TRADISIONAL HINGGA ERA INTERNET
Organisasi Bisnis Sebagai Institusi Pemuasan Kebutuhan
Organisasi bisnis menghasilkan barang atau memberikan jasa yang dibutuhkan oleh konsumen dengan tujuan memperoleh keuntungan untuk mengembangkan aktivitas bisnisnya.
Organisasi bisnis yang berhasil harus sadar akan kebutuhan-kebutuhan baru konsumennya dan selalu siap memuaskan kebutuhan tersebut.
Konsumen ibarat raja, ia memutuskan kapan, bagaimana dan pada harga berapa ia harus membeli.
Organisasi Bisnis Sebagai Institusi Pemuasan Kebutuhan
Organisasi bisnis menghasilkan barang atau memberikan jasa yang dibutuhkan oleh konsumen dengan tujuan memperoleh keuntungan untuk mengembangkan aktivitas bisnisnya.
Organisasi bisnis yang berhasil harus sadar akan kebutuhan-kebutuhan baru konsumennya dan selalu siap memuaskan kebutuhan tersebut.
Konsumen ibarat raja, ia memutuskan kapan, bagaimana dan pada harga berapa ia harus membeli.
Sifat Sistem Bisnis
Bisnis secara sederhana dikatakan sebagai suatu sistem yang menghasilkan barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat.
Input dan Output dari Sistem Bisnis
Jenis-jenis Aktivitas Bisnis
Produksi
Primer
Sekunder
Tersier
Faktor Produksi :
Bahan Baku
Tenaga Kerja
Modal/Uang
Kewirausahaan
Distribusi
Konsumsi
Skema Jenis Aktivitas Bisnis
Produsen memungkinkan tersedianya jenis dan jumlah barang dan jasa yang tepat.
Jaringan distribusi membawa barang dan jasa kepada konsumen atau pengguna.
Konsumsi merefleksikan tingkat permintaan akan barang dan jasa. Daya beli atau permintaan ditingkatkan oleh ketersediaan dana.
Jenis Organisasi Bisnis
Sektor Manufaktur
Makanan dan minuman
Tekstil
Pakaian
Produk Kayu
Plastik
Mesin
Elektronik
Konstruksi
dll.
Sektor Primer
Pertanian
Kehutanan
Perikanan
Pertambangan
Sektor Jasa
Transportasi
Komunikasi
Pedagang perantara
Pengecer
Restoran
Hotel
Perbankan
Asuransi
Real Estate
Jasa Profesional
Karakteristik Sistem Bisnis
Kompleksitas dan Keanekaragaman
Bervariasi dalam :
Bentuk Kepemilikan
Volume Bisnis
Struktur Modal
Lingkup Aktivitasnya
Saling Ketergantungan
Perusahaan menghadapi Resiko
Perusahaan menghadapi Perubahan Lingkungan dan Tuntutan Inovasi
Perusahaan menghadapi Ketidakpastian
Bisnis dan Kewirausahaan di Abad Informasi dan Internet
Sejak pertengahan abad 20 dan memasuki abad 21 ini, dunia bisnis telah memasuki abad informasi.
Bentuk aplikasi TI dalam Perusahaan :
Komputerisasi Akuntansi
Mendapatkan Informasi dan menjual melalui Internet
Berkomunikasi dengan e-mail
Konferensi jarak jauh
dll.
E-Commerce
Terciptanya peluang pasar akibat perkembangan penggunaan Internet yang luar biasa memunculkan dunia perdagangan baru: e-commerce.
Menurut studi International Data Corp. (IDC), hanya 725.000 bisnis kecil terlibat dalam e-commerce, padahal di Indonesia terdapat 38 juta usaha.
Masalah yang menghadang bisnis kecil untuk masuk dalam e-commerce :
Kurangnya ketersediaan produk
Disorganisasi internal
Masalah keuangan
Kurangnya pemahaman terhadap e-commerce
Pemanfaatan Internet bagi Wirausaha
Untuk berkorespondensi dengan mitra usaha
Untuk berdiskusi dengan sesama wirausaha
Promosi produk melalui Internet