museum subak sanggulan

Museum Subak adalah sebuah museum yang mengoleksi alat-alat pertanian tradisional Bali dan semua dokumentasi itu bertujuan untuk mengingatkan generasi muda tentang Organisasi subak yang terkenal di dunia. Museum ini terletak di Desa Sanggulan, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, tepatnya 20 Km bagian barat dari kota Denpasar. Museum ini dibuka untuk umum dan menjadi salah satu tujuan wisata di Kabupaten Tabanan, Bali bagian barat. Letak museum ini sangat strategis di kota Tabanan dan dekat dengan tujuan wisata lainnya di kabupaten ini.

Museum subak terdiri dari bangunan yang ditutup dan dibuka. Gedung yang ditutup terdiri dari stand pameran di mana kita dapat memenuhi demonstrasi dari objek yang berkaitan dengan pekerjaan petani, audio visual kegiatan subak dalam kaitan dengan pengelolaan air irigasi, perpustakaan dan kantor. Buka bangunan adalah visualisasi dari demonstrasi subak dalam bentuk mini yang terdiri dari kolam renang sebagai tempat relokasi irigasi, sebuah terowongan untuk arus air dari kolam renang dengan air relokasi. Obyek dan peralatan petani yang ditampilkan dalam pameran adalah peralatan bangunan dan objek yang diatur, misalnya seperti peralatan untuk pembukaan peternakan pertanian, system irigasi, pengolahan peternakan, konservasi tanaman panen, dan peralatan dapur. Museum subak memiliki beberapa fungsi yang diantaranya yaitu :
 Sebagai pusat pembelajaran investigasi dan dokumentasi
 Sebagai tempat penyaluran ilmu
 Tempat pengenalan Budaya
 Tempat untuk mengintrospeksi manusia
 Tempat mirroring manusia sejarah
 Tempat untuk menikmati seni budaya dan objek umumnya
Dalam usaha pariwisata, tempat ini dapat berupa sebagai daerah tujuan wisata, terutama untuk mendatangkan wisatawan dari negara-negara besar seperti Amerika, Eropa, Jepang, dll serta merupakan salah satu tempat yang unik dan menarik di Bali.
museum subak.docdownload the complete here
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ILMU PARIWISATA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger